Sejumlah APK dibersihkan Satuan Polisi Pamong Praja Buleleng.

SINGARAJA, balipuspanews.com — Memasuki hari pertama masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) mulai dibersikan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Buleleng pada Minggu (14/4).

Pembersihan APK menyasar sejumlah ruas jalan protokol di Buleleng. Pembersihan APK menyasar ruas jalan protokol Singaraja-Lovina. APK berupa baliho, spanduk, bendera parpol yang berjejer di sepanjang jalan Singaraja-Lovina dicabut. Proses pembersihan APK diawasi oleh petugas dari Bawaslu Buleleng serta diback up aparat kepolisian.

sewa motor matic murah dibali

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Buleleng, Putu Dana menerangkan, pembersihan APK dilakukan sesuai dengan peraturan KPU dan rekomendasi Bawaslu. Pembersihan APK dilangsungkan selama masa tenang, terhitung tanggal 14 hingga 16 April.

Kasat Pol Dana kembali menjelaskan, pembersihan APK pada hari pertama masa tenang menyasar ruas Jalan Singaraja-Penarukan dan ruas jalan Singaraja-Lovina yang merupakan kawasan Kota Singaraja. Pertimbangannya, untuk menjaga estetika di sepanjang ruas jalan protokol itu.

Pihaknya pun menghimbau agar para caleg turut serta membersihkan setiap APK yang dipasangnya.

“Kami menghimbau kepada caleg maupun partai peserta pemilu untuk segera membuka APK-nya sendiri. Ya demi menjaga kenyamanan dan kedamaian khususnya kawasan Buleleng,” ungkapnya.

Pada pembersihan kali ini, Satpol PP Buleleng menurunkan ratusan APK beragam jenis, seperti bendera parpol sebanyak 45 buah, Baliho 158 buah, spanduk 101 buah, poster 33 buah, umbul-umbul 2 buah dan famplet 20 buah.

Sementara, untuk APK yang dipasang di luar jalan protokol, seperti wilayah kecamatan hingga pedesaan, juga akan dilakukan secara serentak. Nantinya pembersihan di wilayah pedesaan akan melibatkan perangkat desa hingga panwascam dan trantib kecamatan.

Tinggalkan Komentar...