Pembahasan peraturan tentang Tata Tertib di Ruang Banmus DPRD Bali, Senin (16/9/2019).
Pembahasan peraturan tentang Tata Tertib di Ruang Banmus DPRD Bali, Senin (16/9/2019).
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, balipuspanews.com – Keputusan soal berapa hari para anggota DPRD Bali malas alias tak ngantor dalam sidan paripurna mendapatkan sanksi menjadi perdebatan diantara para anggota DPRD dalam pembahasan Tata Tertib dan Kode Etik diinternal para wakil rakyat tersebut.

“Sampai saat ini masih terjadi perdebatan soal dari kehadiran dua kelompok pembahas ada yang usul sanksi diberikan tiga kali berturut turur tak hadir, ada lima kali kalau dulu enam kali, nah perdebatan ini kita akan harmonisasi,” kata Wakil Ketua Pimpinan DPRD Bali Sementara, I Nyoman Sugawa Korry usai rapat masalah pembahasan peraturan tentang Tata Tertib di Ruang Banmus DPRD Bali, Senin (16/9/2019).

Sanksi bagi para anggota DPRD yang malas ngantor tersebut, jelas Sugawa Korry akan dikenakan sanksi oleh Badan Kehormatan mulai dari ringan maupun berat.

Selain masalah kesepakatan masalah anggota DPRD malas ngantor diatur dalam Tatib dan Kode Etik, pada kesempatan rapat tersebut juga disepakati soal membunyikan kul kul pada masa persidangan pertama, selanjutnya soal pakaian PSH dan PSR yang sesuai dengan kearifan lokal.

“Kearifan lokasl yang dimaksud adalah pakaian PSR dan PSH memakai kain lokal seperti endek,” ucapnya.

Begitu juga halnya soal pembukaan sidang dengan menyanyikan lagu Indonesia raya diawal dan lagu Padamu negeri diakhir acara akhir .

Lebih jauh, Sugawa Korry juga menyinggung soal pemahaman soal fungsi, peranan dan tata letak bangunan seperrti nista mandala. Salah satunya jika ada pertemuan di wantilan tak boleh mengambil keputusan setuju dan tidak setuju.

Menurut Sugawa Korry pengambilan keputusan setuju dan tidak setuju itu ada di kepala inteletualitas berdasarkan atas Dharma.

Namun pada prinsipnya secara umum tata tertib dan kode etik terbahas dengan baik.
” Kami bergembira karena DPRD lama maupun baru membahas dengan sungguh sungguh bahkan mereka semua, hal ini menunjukkan keseriusan didalam mengatur dirinya,” ucapnya. (art/bpn/tim)