Masih Masa Pandemi Covid -19, Pujawali di Pura Pasar Agung Sebudi Berlangsung Tiga Hari

Ket foto. Ritual mepade di Pura Pasar Agung Sebudi, Karangasem
Ket foto. Ritual mepade di Pura Pasar Agung Sebudi, Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com- Pujawali Purnama Kelima tahun 2020 di Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem hanya berlangsung selama tiga hari.

Seperti yang disampaikan oleh Seksi Informasi, Kumunikasi dan Publikasi Pura Pasar Agung, I Wayan Suara Arsana dikonfirmasi Jumat (30/10/2020) mengatakan, karena Pandemi Corona, Pujawali Purnama Kelima kali ini dipersingkat.

“ Untuk tahun ini, karena pandemi Pujawali berlangsung hanya selama 3 hari saja, hari ini tahapannya Nuhur Ide Batara, Mesucian Ring Palinggih, Mepepada, Ngolah Caru dan Menben Bakti Catur,” kata Suara Arsana.

Untuk persiapan pujawali sendiri tahapannya sudah dimulai pada 28 Oktober 2020 yang diawali dengan upacara munggah sunari kemudian dilanjutkan ngias dan menjor pada 29 Oktober 2020.

Setelah hari ini dilaksanakan upacara Mesucian Ring Palinggih, Mepepada, Ngolah Caru dan Menben Bakti Catur, esok hari Sabtu 31 Oktober 2020 dilanjutkan upacara Ngaturang Pekelam Kepuser Tasik dan Puncak Pujawali Purnama Kelima.

Dijelaskan pria yang juga menjabat sebagai Perbekel Desa Amertabhuana tersebut, biasanya ditahun – tahun sebelumnya saat kondisi normal, Pujawali Purnama Kelima di Pura Pasar Agung berlangsung selama 11 hari lamanya, namun karena kondisi pandemi pujawali hanya berlangsung selama tiga hari dimana akan dilangsungkan upacara nyineb pada tanggal 3 November 2020 mendatang.

PENULIS : Gede Suartawan

EDITOR : Oka