Masih Pandemi Covid, Peringatan HUT Kemerdekan di Bumi Lahar Dirayakan Tanpa Lomba dan Pameran

Ketut Kanginan Subandi, kepala Kesbangpolimas Karangasem (istimewa)

KARANGASEM, balipuspanews.com – Seluruh kegiatan perlombaan maupun pameran dalam Perayaan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 bulan Agustus tahun 2021 di Kabupaten Karangasem ditiadakan.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Kesbangpolimnas Kabupaten Karangasem, I Ketut Kanginan Subandi saat dikonfirmasi media ini beberapa waktu lalu.

“ Hasil rapat disimpulkan kegiatan lomba serangkaian 17 an dan Pameran ditiadakan dalam peringatan hari kemerdekaan tahun 2021 ini, ” ujarnya.

Dengan demikian, berbagai lomba seperti lomba gerak jalan disemua kategori termasuk gerak jalan 45 hingga kegiatan napak tilas yang rutin dilaksanakan juga ditiadakan, peniadaan kegiatan tersebut dilakukan mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan juga sedang terjadi peningkatan kasus.

Baca Juga :  Kecepatan Tinggi, Pejalan Kaki Tewas Ditabrak Mobil

Selain itu, apel peringatan detik – detik proklamasi juga akan dirancang dengan pola yang sederhana dengan peserta yang juga secara terbatas, bahkan rencananya pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) juga akan dibagi dua, dimana setengah bertugas saat menaikkan bendera dan setengahnya lagi akan bertugas saat penurunan bendera.

“ Untuk apel akan menyesuaikan dengan Pusat sesuai dengan edaran Mensegneg dan kondisi perkembangan Covid-19 di daerah, untuk di Karangasem rencananya apel tetap dijalankan di lapangan tanah aron namun dengan peserta yang sangat terbatas,” tandasnya.

Kendati demikian, Subandi mengaku masih menunggu arahan lebih lanjut terkait pelaksanaan apel natinya karena saat ini untuk random acara masih dalam proses penyusunan dan evaluasi dari pimpinan.

Baca Juga :  Peringati HUT Provinsi Bali ke-64 dan Hari Pramuka, Bupati Sedana Arta Menjadi Inspektur Upacara di Alun-alun Kota Bangli

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka