Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBulelengMasuk Kategori Miskin Ekstrim, 283 KK Akan Terima Bantuan Bedah Rumah

Masuk Kategori Miskin Ekstrim, 283 KK Akan Terima Bantuan Bedah Rumah

BULELENG, balipuspanews.com – Bantuan perbaikan rumah hingga bedah rumah akan digelontorkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama dengan pihak ketiga untuk sekitar 283 Kepala Keluarga (KK) yang masuk dalam golongan kemiskinan ekstrim.

Kepala Dinas Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Buleleng Ni Nyoman Surattini menyampaikan semua bantuan itu akan didapatkan tahun ini. Dimana untuk KK yang akan membuat bangunan baru rencana diberikan dana kurang lebih sebesar Rp 20 Juta. Sedangkan untuk rumah yang rusak sedang, akan diberikan bantuan senilai Rp 5 hingga 15 juta per KK untuk di rehab.

Kemudian dirinya menambahkan bahwa saat ini bantuan rehab dan bedah rumah yang akan diberikan dananya melalui dana APBD dan bekerjasama dengan lembaga swasta.

Adapun rinciannya Pemkab Buleleng telah menganggarkan pemberian bantuan kepada 90 KK. Kemudian sisanya, sebanyak 55 KK akan diberikan melalui bantuan Corporate Sosial Responsibility (CSR) dari 7 lembaga swasta dengan total Rp1,1 miliar.

“Sisanya kita ajukan ke pusat, dengan dana APBN. Semoga cepat terealisasi. Sehingga program ini bisa selesai tahun ini,” ujar Surattini saat ditemui beberapa waktu lalu.

BACA :  999 Mahasiswa Asal Jembrana Terima Beasiswa

Semetara itu, Pemkab Buleleng sebelumnya mengusulkan sebanyak 349 KK yang masuk dalam golongan kemiskinan ekstrim untuk mendapat bantuan bedah rumah dan rehab akan tetapi, setelah melalui proses verifikasi di lapangan, jumlahnya berkurang menjadi 283 KK.

“Penerima manfaat bedah rumah nanti akan dikerjakan oleh sejumlah perusahaan swasta melalui dana CSR. Proses pembangunan juga akan kami mohonkan dukungan dari TNI. Seperti, bedah rumah KK miskin di Lokapaksa kemarin. Itu bisa tuntas 12 hari dengan sistem gotong royong,” pungkasnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular