Sabtu, Juli 13, 2024
BerandaBulelengMasuk TPS Khusus, KPU Sosialisasi di Lapas Singaraja

Masuk TPS Khusus, KPU Sosialisasi di Lapas Singaraja

BULELENG, balipuspanews.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja masuk sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus. Sehingga untuk memberikan pemahaman tentang kepemiluan maka KPU Kabupaten Buleleng melakukan penjajagan atau sosialisasi langsung ke warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Singaraja, Jumat (2/2/2024).

Selaku Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM dari KPU Kabupaten Buleleng Putu Arya Suarnata mengatakan kegiatan sosialisasi dilakukan untuk memberikan informasi terkait jadwal, tahapan, dan tata cara penyelenggaraan Pemilu 2024.

Selain itu, pihaknya memberikan edukasi kepada warga binaan mengenai hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam Pemilu. Penekanan itu dilakukan mengingat saat ini status seluruh WBP Lapas Kelas IIB Singaraja telah masuk ke dalam DPTb dan telah mengurus surat pindah memilih.

“Khusus disini (Lapas Singaraja,red) karena masuk TPS khusus, jadi kami menekankan kembali terkait pencoblosan dan surat suara apa yang akan diterima. Menurut kami ini penting sebab semua WBP sudah masuk DPTb dan mereka wajib tau dengan jelas dan benar tentang semua itu untuk pemilihan di tanggal 14 Februari ini,” ungkap Arya.

BACA :  DPR RI Apresiasi Anugerah Jurnalistik IV dan Pameran Foto XIII KWP 2024

Disisi lain mewakili Kepala Lapas Singaraja, Kasi Binapigiatja, Wayan Riasa menyebutkan WBP yang juga masih merupakan bagian dari rakyat Indonesia. Maka memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Oleh sebab itu pihaknya telah menggandeng KPU Kabupaten Buleleng dengan harapan WBP dapat memahami dan menjalankan haknya untuk memilih pada Pemilu 2024.

“Pemilu merupakan sarana untuk kedaulatan rakyat, oleh karena itu semua warga negara termasuk warga binaan memiliki hak untuk ikut berpartisipasi di Pemilu. Jadi melalui sosialisasi KPU, kami berharap supaya bisa meningkatkan kesadaran dari warga binaan untuk berpartisipasi dalam ajang demokrasi lima tahun sekali ini,” paparnya.

Sekedar diketahui saat ini berdasarkan data Lapas Kelas IIB Singaraja jumlah daripada penghuni Lapas telah mencapai 312 orang baik tahanan maupun narapidana.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular