Warga Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba Kecamatan Abiansemal berinisiatif kumpulkan donasi untuk warga yang sedang lakukan isolasi di Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba pada, Minggu (28/6/2020).
Warga Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba Kecamatan Abiansemal berinisiatif kumpulkan donasi untuk warga yang sedang lakukan isolasi di Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba pada, Minggu (28/6/2020).

BADUNG, balipuspanews.com – Warga Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba Kecamatan Abiansemal berinisiatif kumpulkan donasi untuk warga yang sedang lakukan isolasi di Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba.

Saat ditemui Bali Puspa News, Kelian Banjar Dinas Baler Pasar Desa Darmasaba Kecamatan Abiansemal, Ketut Sania menjelaskan bahwa masyarakat Banjar Baler Pasar saat ini sangat semangat memberikan dukungan berupa donasi kepada warga yang diisolasi di Banjar Baler Pasar.

Warga yang diisolasi tersebut sejumlah 21 orang di rumahnya dalam satu pekarangan sejak hari Minggu, (21/06/2020) kemarin.

Dimana yang berawal dalam satu keluarga disana terdapat hasil rapid tes nya yang reaktif setelah menerima cluster dari luar Desa Darmasaba. Sehingga dua orang Sebelumnya sudah dijemput oleh tim medis Covid-19 untuk dikarantina.

“Jadi warga yang terisolasi 4 KK dengan jumlah 22 orang ditambah satu yang sudah sembuh, dan yang sudah sembuh itu langsung dikarantina di tempat kos milik saudaranya,” ucap Ketut Sania, Minggu, (28/06/2020).

Untuk satu orang yang sembuh itu sudah sejak hari Jumat, (26/06/2020), lalu kembali pulang namun langsung dilakukan karantina di tempat kos milik saudaranya, sedangkan sisanya masih dalam proses karantina.

Selama melakukan isolasi, masyarakat Banjar Baler Pasar Desa Darmasaba memberikan dukungan kepada warganya yang diisolasi berupa donasi. Adapun donasi yang diberikan berupa sejumlah uang dan bantuan sembako.

“Ini murni inisiatif dari kami dan kemajuan dari masyarakat, agar warga tetap merasa empati kepada warga yang terdampak dan ini sifatnya tidak memaksa, untuk saat ini sudah terkumpul sebanyak Rp 15.350.000 dan sudah digunakan sampai saat ini Rp 6.193.000,” katanya.

Donasi dari dana tersebut akan digunakan untuk biaya konsumsi petugas dan keluarga yang melakukan isolasi. Sedangkan kami dari pihak Banjar tidak memberikan nasi bungkus untuk pagi dan siang hari, dikarenakan pagi dan siang hari warga yang diisolasi sudah memasak sendiri.

Kegiatan tersebut sebagai support Banjar terhadap warganya yang diisolasi dan didukung oleh desa adat dan desa dinas. Dimana Desa Adat menepatkan personil Pecalang, Desa Dinas menyiapkan logistik APD dan juga tim penyemprotan disinfektan di seluruh Banjar.

“Untuk pertanggung jawaban donasi dana tersebut kami terus update di group WA di Banjar,” tambahnya. (*)

Penulis : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

Editor : Putu Artayasa