Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKlungkungMasyarakat Hindari Melakukan Levering dan Overspanning Karena Berbahaya Bagi Masyarakat

Masyarakat Hindari Melakukan Levering dan Overspanning Karena Berbahaya Bagi Masyarakat

SEMARAPURA, balipuspanews.com – “Saya melalui Program Bedah Desa sudah membantu KK Miskin dalam hal pemasangan baru Listrik dengan menggunakan Dana Operasional Pribadi saya dan saat ini pun saya menggunakan uang operasional pribadi yang disumbangkan ke Program One Man One Hope,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ketika menghadiri acara Penuntasan Levering  dan Obverspanning melalui Penyalaan Pelanggan Program One man One Hope di Kabupaten Klungkung bertempat di Banjar Sengkiding Desa Aan Kecamatan Banjarangkan, Klungkung pada selasa (05/11/2019).

Laporan Senior Manager Bidang Niaga Pak Handoko selaku salah satu Tim One Man One Hope menyatakan program One Man One Hope merupakan program pengumpulan dana Sukarela yang dimiliki oleh PLN digunakan dalam bidang kelistrikan untuk KK Miskin. Sampai dengan tanggal 31 Oktober 2019 dana yang terkumpul adalah Rp. 418.269.850,-. Dimana dari dana tersebut akan digunakan untuk membantu KK Miskin yang berada di Provinsi bali dengan rincian, untuk satu sambungan listrik yang lengkap dengan 2 lampu serta 1 stop kontak dengan daya 450 VA perpelanggan yang dikenai biaya Rp. 632.500,-. Maka pihak PT PLN Persero baru mampu membantu 663 KK yang tersebar di Provinsi Bali, dimana salah satunya adalah 54 KK yang berada di Kabupaten Klungkung.

BACA :  Harga Bahan Pokok di Nusa Penida Mengalami Kenaikan, Kapolres AKBP Umar Cek Gudang Sembako di Klungkung

Levering merupakan praktik penyambungan listrik secara tidak resmi dari rumah terdekat sedangkan  risiko kelebihan beban (over spanning) akibat penyambungan listrik dengan cara nyantel.

Handoko menambahkan Menurut data Bantuan Pasang Baru Listrik milik PT. Pln Persero di Kabupaten Klungkung terdapat Amprah Pasang Baru Sendiri dengan Paket Murah dari pihak PLN. sebanyak 118 KK, bantuan One Man One Hope 54 KK Miskin dimana 20 KK dibantu dengan menggunakan uang Operasional Bupati Klungkung yang ikut berpartisipasi dalam program One Man One Hope, dan 34 KK dibantu oleh Pihak PT. PLN Persero. Serta terdapat 722 KK yang sudah memiliki listrik dari warisan orang tuanya.

General Manager PT PLN Persero Unit Induk Distribusi Bali Nyoman Suarjoni Astawa dalam sambutan menyampaikan kegiatan ini merupakan antisipasi dari pihak PLN untuk menghindari masyarakat dari bahaya yang dikarenakan konsleting listrik akibat penyaluran jaringan listrik secara illegal.

Nyoman Suarjoni Astawa menambahkan sangat beruntung sekali masyarakat Klungkung mempunyai kepala daerah yang bersedia membantu Masyarakatnya dalam hal kelistrikan, dengan mendonasikan uang operasionalnya untuk membantu 20 rumah KK Miskin dalam pemasangan baru listrik, Nyoman Suarjoni mengapresiasi apa yang dilakukan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dan mengharapkan agar apa yang dilakukan Bupati Klungkung dapat ditiru, pengusaha, pemerintah daerah di Bali untuk ikut serta dalam program One Man One Hope.

BACA :  Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Pengayar di Pura Agung Besakih

Bupati Klungkung I nyoman Suwirta menyatakan bahwa bantuan yang dilakukan merupakan bagian dari tanggung jawab sebagai Bupati dan mengapresiasi PLN dengan adanya program One Man One Hope. Bupati SUwirta berharap mudah-mudahan program One man One Hope dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Bupati Suwirta berpesan Kepada Perbekel dan Perangkat Desa agar mengawasi dan melaporkan ketika ditemukan ada warganya yang melakukan penyambungan jaringan listrik secara illegal.

“Hindari melakukan Levering dan Overspanning karena sangat berbahaya,” pesan Bupati Suwirta.

Diakhir Sambutan Bupati Suwirta bersama General Manager PT PLN Persero Unit Induk Distribusi Bali Nyoman Suarjoni Astawa menyerahkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) secara Simbolis kepada I Putu Sueta (60) dan Nengah Simpen (47) serta melakukan penyalaan BPBL disalah satu rumah Warga yakni I Putu Sueta (60) dengan 450 VA. (Roni/bp

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular