Minggu, Mei 19, 2024
BerandaDenpasarMasyarakat yang Ikut Vaksinasi dan Bawa Sampah Plastik, Dapat Sembako

Masyarakat yang Ikut Vaksinasi dan Bawa Sampah Plastik, Dapat Sembako

DENPASAR, balipuspanews.com – Polsek Denpasar Timur mengeluarkan inovasi terbaru dalam program vaksinasi khususnya dalam meningkatkan herd immunty masyarakat. Dimana, bagi masyarakat yang ikut vaksinasi dan membawa sampah plastik akan mendapatkan sembako berupa beras.

Dalam menunjang pelaksanaan kegiatan ini, Polsek Dentim menggandeng Komunitas di Bali yakni Sekar Jambu Loka Serbaguna, Plastic Xchange, VW Wawawewe. Sementara lokasi gerai vaksinasi berlangsung di Sekar Jambu Jalan Sedap Malam, Denpasar, pada Senin (21/3/2022).

Menurut Kapolsek Dentim Kompol Tri Joko Widiyanto, pelaksaan gerai presisi vaksinasi berkolaborasi dengan salah satu komunitas Bali (Sekar Jambu Loka Serbaguna, Plastic Xchange, VW Wawawewe). Kegiatan ini untuk mendukung program Pemerintah, khususnya dalam meningkatkan herd immunty masyarakat.

Ditegaskannya, pihaknya menargetkan 350 warga vaksinasi. Pihaknya akan terus mendorong masyarakat untuk bisa meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan.

“Kolaborasi dengan komunitas X Change dilakukan untuk mengajak masyarakat pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dari sampah. Sekaligus mendukung pelaksanaan G20 dan membantu kebersihan lingkungan,” terangnya.

Disampaikan Kompol Tri Joko, bagi masyarakat yang mengikuti vaksinasi dan membawa sampah plastik akan diberikan beras. Sembako ini akan diberikan sesuai jumlah berat timbangan sampah bekas yang dibawa.

BACA :  Tangkal HOAKS, Diskominfo Gianyar Gelar Literasi Cek Fakta

Ia mengakui sampai saat ini banyak masyarakat yang tidak berpenghasilan. Sehingga dengan mengumpulkan barang bekas, masyarakat bisa mendapatkan beras di samping menjaga agar lingkungan tetap bersih.

“Jadi bila sudah divaksin dan membawa sampah plastik, mereka akan mendapatkan beras,” pungkas Kompol Tri Joko.

Keterangan terpisah, komunitas X Change yakni Made Janur Yasa mengatakan kegiatan ini tidak hanya memberikan kesehatan tapi juga mendorong masyarakat untuk perduli lingkungan. Ia juga berterima kasih atas dukungan kepolisian Polsek Dentim.

“Sebenarnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sampah,” ujar Made Janur Yasa.

Made Janur Yasa mengatakan beras ini akan diberikan setelah warga selesai vaksinasi. Namun ia berharap, sebelum dibawa dan ditukarkan, masyarakat harus memilah-milah sampah plastik yang akan ditukarkan.

Alasan sampah ditukar menjadi beras, Made Janur Yasa mengatakan ini menjadi reward kepada masyarakat karena telah melakukan langkah positif.

“Sebenarnya ini sederhana, kita memberikan reward positif karena orang melakukan sesuatu yang terbaik jadi untuk melakukan sesuatu itu kan banyak caranya mungkin peraturan, sanksi,” pungkasnya.

BACA :  Sambut Pilkada Klungkung, 6 Parpol Bentuk Koalisi Nawasena

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular