Minggu (5/4) hari ini Majelis Madya Desa Adat Kabupaten Tabanan akan menyerahkan SK. Satgas Gotong Royong Percepatan Penanggulangan (GRPP) Covid-19 dari masing-masing desa adat se-Tabanan
Minggu (5/4) hari ini Majelis Madya Desa Adat Kabupaten Tabanan akan menyerahkan SK. Satgas Gotong Royong Percepatan Penanggulangan (GRPP) Covid-19 dari masing-masing desa adat se-Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com – Minggu (5/4) hari ini Majelis Madya Desa Adat Kabupaten Tabanan akan menyerahkan SK. Satgas Gotong Royong Percepatan Penanggulangan (GRPP) Covid-19 dari masing-masing desa adat se-Tabanan.

Hal itu diungkapkan Ketua Majelis Madya Desa Adat (MMDA) Kabupaten Tabanan, Drs. I Wayan Tontra, MM., Minggu (5/4).

“Kami sedang menunggu penyerahan SK. Satgas GRPP Covid-19 dari masing-masing desa adat se-Tabanan,” ungkapnya.

Tontra menjelaskan adapun total desa adat se-Tabanan berjumlah 349. Masing-masingnya harus menyetorkan SK.

Satgas GRPP untuk kemudian oleh MMDA Kabupaten Tabanan menyerahkannya ke Dinas Pemajuan Adat Provinsi Bali.

“Hari ini kami batasi penyerahan SK. Satgas GRPP oleh masing-masing desa adat sampai jam 13:00 WITA,” jelasnya.

Disebutkannya, Satgas GRPP ini memiliki tiga tugas pokok. Yakni tugas utama, tugas secara niskala dan tugas secara sekala.

Tugas utama salah satunya memberdayakan krama desa adat dan yowana untuk bergotong royong sesama krama desa adat dalam melakukan pencegahan covid-19 di desa adat secara niskala dan sekala.

Secara niskala satgas ini memiliki dua fungsi. Pertama bertugas untuk memohon atau nunas ica bersama pemangku di Pura Khayangan Tiga desa adat dengan cara nyejer daksina sampai covid-19 berakhir dan ada pemberitahuan lebih lanjut.

Kedua, memohon kepada Ida Bhatara Sesuhunan sesuai dengan dresta desa adat setempat agar wabah covid-19 segera berakhir demi keharmonisan alam, krama dan budaya Bali.

“Sedangkan tugas secara sekalanya tentu saja dengan melakukan berbagai kegiatan untuk mencegah meluasnya wabah virus corona,” tutupnya. (rah/BPN/tim)