Jumat, Oktober 30, 2020
Beranda Bali Tabanan Melalui Geguritan, Jaya-Wira Bangun Suasana Pilkada yang Berbudaya dan Menyejukkan

Melalui Geguritan, Jaya-Wira Bangun Suasana Pilkada yang Berbudaya dan Menyejukkan

TABANAN, balipuspanews.com – Suasana pilkada di Tabanan kini terasa menyejukkan dan kental dengan spirit seni budaya. Ini terlihat dari munculnnya geguritan yang secara keseluruhan mengisahkan tentang paket Jaya-Wira, sebagai pasangan calon (paslon) yang diusung oleh PDIP dan diusung oleh Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Gerindra.

Geguritan Jaya Wira ini terdiri dari dua pada (bait) dan ditembangkan oleh Ni Gusti Ayu Ari. Sedangkan Jaya Pangus sebagai peneges atau penterjemah.

Adapun lirik dari gaguritan Jaya-Wira dengan pupuh Ginada tersebut sebagai berikut. Bait pertama: “Atur pakeling titiang, calon bupati lan wakil, sane cager ngambel jagat, Jaya-Wira aran ipun, ngiring dukung lan buktiang, calon sakti, Jaya-Wira pasti menang”.

Bait pertama ini secara gamblang mengisahkan tentang paket Jaya-Wira. Keduanya disebutkan sangat ideal memimpin Tabanan kedepan karena diyakini “cager” atau mampu menata jagat Tabanan.

Sedangkan lirik bait kedua sebagai berikut. “I Komang Gede Sanjaya, ne dados calon bupati, wicaksana turin cager, mebuktine sampun langkung, napi malih adung pisan, calon wakil, I Made Edi Wirawan”.

Pada bait kedua ini, disebutkan bahwa calon bupati Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., merupakan sosok pemimpin yang bijaksana dan melayani. Ini telah dibuktikannya dalam dua periodenya sebagai wakil bupati Tabanan. Dengan didampingi Edi Wirawan yang berpengalaman di legislatif, paket Jaya-Wira ini menjadi semakin ideal untuk memimpin Tabanan kedepan.

Terkait dengan hal tersebut cabup Dr. Sanjaya yang dihubungi via telepon seluler pribadinya Sabtu (19/9) mengatakan, bahwa selain sektor pertanian Tabanan juga memiliki potensi yang besar dibidang seni dan budaya. Baginya inilah yang dimaksud dengan seringnya ia menggaungkan spirit bangga jadi orang Tabanan.

“Bangga jadi orang Tabanan itu karena kita sadar bahwa betapa kayanya Tabanan dengan potensi. Baik potensi alam, seni dan budaya hingga sumber daya manusianya,” ungkapnya.

Potensi-potensi itu lanjutnya, tentu nantinya akan digarap semaksimal mungkin untuk dimanfaatkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Tabanan. Tentunya untuk tercapainya tujuan tersebut juga harus didukung dengan spirit bersatu dan bergotong royong oleh seluruh komponen masyarakat Tabanan.

“Khusus terhadap pelestarian adat , dan seni budaya kami akan sangat konsen di Tabanan dan hal tersebut akan mengacu pada pola pembangunan semesta berencana,” tutupnya.

Penulis: Ngurah Arthadana

- Advertisement -

Bayi Yang Dibuang, Lahir Di Kamar Mandi

NEGARA,balipuspanews.com- Kedua orang tua bayi perempun yang dibuang di bale bengong panti asuhan Giri Asih, Melaya, sudah diamankan polisi. Dari keterangan sementara, bayi hasil hubungan...

Usut Praktik Jual Beli Senjata Ilegal ke Separatis Papua

JAKARTA, balipuspanews.com - Praktik jual beli senjata ilegal ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, yang melibatkan oknum anggota Brimob harus diselidiki secara tuntas...
Member of