Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaNewsEkonomiMelalui Pameran Internasional, Kemenperin Dorong Industri Nasional

Melalui Pameran Internasional, Kemenperin Dorong Industri Nasional

JAKARTA, balipuspanews.com– Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menegaskan komitmennya untuk mengenalkan potensi industri nasional ke pasar global dengan aktif berpartisipasi dalam serangkaian pameran internasional di berbagai negara. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan pentingnya adaptasi terhadap perubahan teknologi dan tren global salah satunya pameran industri internasional.

“Kemenperin menekankan pentingnya partisipasi dalam pameran industri Internasional sebagai wujud dukungan dan fasilitasi untuk mendorong akses industri nasional ke pasar global,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta  pada Kamis (21/12/2023).

Pameran-pameran tersebut, termasuk Hannover Messe 2024 di Jerman, SIAL Paris 2024 di Perancis, Ambiente di Frankfurt, Jerman, dan Food Ingredients Europe 2024 di Paris, Perancis, diharapkan dapat menjadi platform efektif untuk memperluas cakrawala ekspor, menyoroti keunggulan, dan meningkatkan daya saing industri Indonesia.

Adanya penghargaan seperti Apresiasi Resilience and Sustainable Industry 2023 menunjukkan apresiasi terhadap inovasi dan motivasi industri nasional. Pelaku industri yang berhasil dalam pameran internasional yang didukung oleh Kemenperin juga diberikan penghargaan, seperti Co-Exhibitor Terbaik dan Investasi Terbaik, yang menjadi motivasi tambahan bagi industri untuk berprestasi.

BACA :  Viral di Medsos, Dua Pemotor Sekarat Usai Tabrakan Gegara Saling Mendahului

Selain menjadi ajang promosi pencapaian industri, pameran internasional juga dianggap sebagai peluang strategis untuk menjalin kerja sama bisnis dan menarik investasi. Diharapkan pertemuan pelaku industri dari berbagai negara di pameran ini akan membuka peluang baru untuk kolaborasi bisnis, pertukaran pengetahuan, dan pemahaman terhadap potensi serta tren di pasar global dan teknologi terkini.

Eko S.A Cahyanto, Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian, menegaskan harapannya bahwa partisipasi aktif Indonesia dalam pameran-pameran internasional akan membuka berbagai peluang baru, baik untuk pertumbuhan ekonomi maupun untuk mengukuhkan posisi Indonesia sebagai pemain kunci dalam pasar global.

“Melalui kerja sama internasional yang diperkuat dan jaringan bisnis global, Indonesia bertekad untuk terus berkembang dan bersaing di panggung dunia,” ungkapnya.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular