Beranda Nasional Melihat Sendang Gumuk Kancil yang Memiliki Khasiat Menyembuhkan Berbagai Penyakit di Banyuwangi,...

Melihat Sendang Gumuk Kancil yang Memiliki Khasiat Menyembuhkan Berbagai Penyakit di Banyuwangi, Jatim (-2 habis)

Sendang Gumuk Kancil menyimpan banyak misteri mistis yang dipercaya oleh warga sekitarnya. Selain menyembuhkan berbagai penyakit, pernah ada kejadian saat dua orang warga non Hindu mencuri kotak sesari. Yang terjadi orang yang mencuri itu langsung sakit dan sudah berobat ke mana.- mana, tapi tidak bisa sembuh sebelum akhirnya mohon pengampunan kepada penguasa Gumuk Kancil.

OKA SURYAWAN, Banyuwangi

Desiran angin menyambut Balipuspanews.com saat memasuki kawasan hutan pinus tempat Beji Gumuk Kancil berada. Pas di jalan setapak yang masih belum padat diratakan, dua wanita uzur menawarkan pisang goreng yang masih hangat.

Berjalan kurang lebih 50 meter dari dua wanita tersebut berjualan, sudah sampai di areal Beji Gumuk Kancil yang masuk areal dusun Wonoasih, desa Bumiharjo, kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur.

Enam buah patung nampak berdiri kokoh di hulu mata air. Dari enam patung tersebut, lima diantaranya adalah patung dewi yaitu Dewi Sri, Dewi Parwati, Dewi Saraswati, Dewi Gangga dan Dewi Gayatri. Satu patung lagi adalah patung Maha Rsi Markendya.

Jero I Ketut Wiryana, pemangku Beji Gumuk Kancil menyebutkan, pembangunan patung dilakukan secara bertahap mulai tahun 2007.

” Selanjutnya secara bertahap juga dibangun tempat penglukatan dan tirta tempat pengobatan,” kata Jero Mangku.
Sebelum penataan areal Beji Gumuk Kancil, Jero Mangku Wiryana mengaku mendapat tuntunan dari lelangit yang bersthana di wilayah Gunung Raung untuk melakukan perjalanan suci sampai ke Vetnam. Hal ini tidak lepas dari perjalanan Rsi Markendya sebelum sampai ke tanah Jawa dijamannya.

Ditanya kejadian mistis yang pernah terjadi diareal Beji Gumuk Kancil, Jero Mangku Wiryana menyebutkan pernah ada kejadian pencurian kotak sesari yang dilakukan warga non Hindu. Akibatnya, kedua orang tersebut begitu sampai dirumahnya langsung sakit.

” Sudah kemana – mana mereka berobat tidak bisa sembuh. Sampai satu orang warga yang mencuri meninggal,” tutur Jero Mangku.

Semenjak peristiwa tersebut kata Jero Mangku, tidak ada lagi yang berani melakukan hal serupa atau berbuat yang tidak baik di areal beji.

Selain itu Jero Mangku menuturkan, di dekat patung Ida Rsi Markendya ada sebuah sangku keramat yang diyakini sempat digunakan Ida Rsi Markendya saat beryoga semadi di Gunung Raung.

” Cuma tidak sembarang orang bisa sampai ke lokasi sangku. Harus sudah disucikan,” sebut Jero Mangku.

Jero Mangku meyakinkan, tirta dari sangku itu diyakini sebagai anugrah Ida Rsi untuk muput berbagai ritual dalam agama Hindu.

” Tidak pakai mantra, kalau sudah menggunakan tirta sangku dari Ide Rsi artinya sudah puput,” jelas Jero Mangku.

Piodalan di Beji Pura Gumuk Kancil berlangsung saat Purnama Kaenem nemu kajeng. Untuk ritual yang digunakan Jero Mangku mengaku berkiblat pada Hindu Suku Tengger.

” Ini sesuai petunjuk niskala yang saya dapatkan. Bantennya pakai banten Jawa suku tengger,” tegasnya lagi.

Pun demikian, lanjut Jero Mangku, kalau ada semeton Bali yang ingin menghaturkan yadnya seperti banten Bali tetap dipersilahkan. Hanya saja yadnya yang dipakai acuan dari pihak pangempon Beji Gumuk Kancil adalah banten Suku Tengger. Ini sesuai dengan kearifan lokal suku Hindu Jawa.

” Ini sesuai dengan fungsi candi yaitu mengembalikan jati diri nusantara khususnya semeton Jawa. Ini juga sesuai dengan Sabda Bhatara Sabdo Palon,” ujar Jero Mangku.

Bukan hanya memakai banten tradisi Tengger, yang muput juga pemimpin suku Tengger yaitu Romo Dukun.

” Kalau ada sulinggih dari Bali yang mau hadir tetap kami persilahkan,” terangnya.

Jero Mangku menegaskan, Beji Gumuk Kancil sebenarnya adalah milik lintas agama. Hanya saja informasi yang berkembang menyebutkan seolah hanya milik umat Hindu. Hal ini dibuktikan banyaknya umat non Hindu yang datang melakukan ritual pengobatan dengan sarana pancoran air Beji Gumuk Kancil.***( habis)

Facebook Comments

Most Popular

Harap Bisa Atasi Permasalahan Air, Gubernur Prioritaskan Pembangunan Bendungan Tamblang

BULELENG, balipuspanews.com - Pembangunan Bendungan Tamblang sudah diresmikan, pada Rabu (12/8/2020), oleh Gubernur Bali I Wayan Koster. Pembangunan Bendungan ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan...

Resmi Ditahan, Jrx : Semoga Tidak Ada Lagi Ibu-Ibu Menjadi Korban Rapid Test

DENPASAR, balipuspanews.com - Jrx Superman Is Dead (SID) kembali diperiksa oleh Penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Bali, pada Rabu, 12 Agustus 2020.Jrx SID diperiksa...

Jerinx SID Resmi Tersangka, Langsung Dijebloskan ke Rutan Polda Bali 

DENPASAR, balipuspanews.com - Setelah dipanggil dan diperiksa sebagai saksi terlapor terkait kasus dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI)...

Budaya Bali, Kunci Pengembangan Pariwisata Medis

DENPASAR, balipuspanews.com - Wacana pariwisata medis bergulir sejak sepuluh tahun lalu di Bali dan berkembang secara alamiah. Kini dengan hadirnya Indonesia Medical Tourism Board...

Recent Comments

Facebook Comments