Kamis, Mei 23, 2024
BerandaDenpasarMemilih Pemimpin Klungkung, Akademisi: Juliarta Wakili Generasi Muda

Memilih Pemimpin Klungkung, Akademisi: Juliarta Wakili Generasi Muda

DENPASAR, balipuspanews.com – Akademisi Dr. I Nyoman Sedana, SE., M.I.Kom, memberikan pandangan terkait sosok pemimpin Kabupaten Klungkung yang dibutuhkan agar mampu menyelesaikan permasalahan krusial di masyarakat serta mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Demikian disampaikan Sedana, Senin (15/4/2024) saat ditemui di Denpasar.

Sedana Menilai ada beberapa permasalahan yang harus dihadapi di Klungkung yang harus kerjakan oleh pemimpin masa depan.

Pertama, Permasalahan PAD. Karena sumber pendapatan daerah menjadi kekuatan utama di sebuah daerah.
Dengan mampu tercapai PAD yang tinggi, maka pembangunan di segala sektor bisa dilaksanakan.

Selama ini, Klungkung memiliki sumber PAD yang besar yaitu di Nusa Penida. Hanya saja, belum dilakukan dengan sistem pemungutan yang baik. Dirinya yakin kalau ini berjalan baik dengan berbasis sistem tentu akan tercapai PAD tinggi.

“Pemungutan yang dilakukan selama ini masih secara personal atau konvensional, tingkat kepercayaan public akan kurang, dibandingkan dengan berbasis sistem,” terangnya.

Kedua, masih kata Akademisi Undiknas University, terkait penanganan sampah. Sampah belum tertangani dengan baik selama ini. Meski pemimpin sebelumnya memiliki jargon penanganan sampah berbasis sistem tempat olah sampah setempat (TOSS) belum mampu menyelesaikan permasalah sampah di Klungkung. Permasalah yang terjadi selama ini pada aspek mesin.

BACA :  Diduga karena Dupa Jatuh, Rumah Warga Tuwed Ludes Terbakar

Ia menilai, konsep dari TOSS sudah bagus, namun perlu diimbangi dengan infrastruktur yang baik dalam hal ini mesin pendukung. Keberadaan teknologi sangat dibutuhkan. Pasalnya selama ini volume sampah dengan kapasitas yang mampu dikelola belum berimbang.

Sedana berharap, pada kontestasi Pilkada nanti, generasi muda diharapkan turut bertarung bagi yang memiliki potensi. Salah satu kandidat yang memiliki elektabilitas dan kapabilitas yaitu politisi Gerindra yang kini lolos di DPRD Provinsi Bali pada Pileg (14/2/2024) lalu, yaitu Ketut Juliarta.

Dia melihat hasil pemilu lalu, ruang kemenangan 54 persen didominasi dua generasi yaitu generasi milenial dan gen Z. Dengan kehadiran pemimpin muda atau millenial dituntut untuk melakukan inovasi dan kreativitas.

“Kepala daerah sekarang jangan hanya mengandalkan dana dari pusat. Pemimpin harus mampu berinovasi dan berkreativitas,” harapnya.

Sedana menilai, dengan masuknya Juliarta pada bursa Pilkada Klungkung adalah pilihan tepat pada Juliarta. Pasalnya, Juliarta sudah memiliki konstrituen dan tingkat kepercayaan yang tinggi, hal ini terbukti dengan dua kalinya lolos DPRD tingkat I merupakan kepercayaan masyarakat terhadap wakil rakyat.

BACA :  WWF Hasilkan “ Energi” Baru untuk Badung, Ketua DPRD Ajak Warga Ikut Jaga Keamanan

Selain itu, sosok Juliarta juga merupakan sosok yang sederhana, merakyat, dan diterima berbagai kalangan, baik generasi milenial, gen z maupun masyarakat luas.

Lebih jauh disampaikan, Gerindra Bali juga harus memperhitungkan ini. Jika pasangan calon Klungkung daratan dengan Nusa dikuasai dirinya optimis mampu memenangkan palagan Pilkada.

“Yang terpenting adalah pemimpin mampu mensejahterakan masyarakat, dengan mampu meningkatkan PAD,” pungkasnya.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular