Menanam Pohon, Menanam Harapan

OPINI ANDA, balipuspanews.com – Sebagian besar masyarakat masih kurang paham apa arti dari menjaga lingkungan. Himbauan untuk tidak boleh membuang sampah sembarangan maupun larangan lain masih dianggap hal biasa.

Lingkungan yang bersih dan indah merupakan cerminan masyarakat itu sendiri. Pohon-pohon mampu memberikan kenyamanan dan suasana sejuk lingkungan setempat. Pohon-pohon yang rimbun membantu mengurangi terjadinya polusi udara yang terjadi akibat asap kendaraan atau asap rokok sekalipun.

Wilayah yang bersisian dengan jalan raya tak luput dari adanya asap kendaraan dan pencemaran lingkungan yang lain. Minimnya jumlah pohon-pohon besar yang membantu menyerap air dan membantu oksigen menjadi halangan.

Berdasarkan hal tersebut, tim Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar yang dikoordinir oleh Kadek Rahayu Puspadewi, S.Pd., M.Pd melaksanakan kegiatan penanaman pohon serta penataan lingkungan dengan melibatkan 32 orang mahasiswa. Kegiatan pengabdian difokuskan di Pancoran Batan Duren, yaitu tempat permandian umum yang terletak di Desa Werdi Bhuwana, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.
Adapun jenis tanaman yang ditanam seperti Tabebuya, Gaharu dan Cempaka yang berjumlah 20 bibit. Semua bibit itu didapat dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung Unda Anyar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 15 Februari 2020 ini merupakan wujud bentuk kepedulian terhadap alam yang telah memberikan kebaikannya secara percuma kepada makhluk hidup di bumi. Sebuah langkah kecil yang memiliki harapan besar, semoga kelak terjadi keseimbangan antara lingkungan dengan makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Yang terpenting lagi, tumbuhnya kesadaran masyarakat agar mau melanjutkan aksi sosial ini sehingga kelestarian lingkungan pancoran tetap terjaga.

Wakil Adat Banjar Sunia,  I Dewa Putu Weda menyambut baik kegiatan yang kami lakukan. Hal ini ditunjukkan dengan semangat Beliau yang ikut terjun langsung saat berlangsungnya kegiatan. Beliau langsung mengarahkan tim untuk melakukan kegiatan pertama yaitu pembersihan di lingkungan sekitar pancoran.

“Saya sangat senang atas partisipasi para mahasiswa di wilayah Br. Sunia. Mereka sudah mampu menjalin komunikasi yang baik untuk melakukan kegiatan penanaman dan pembersihan di lokasi pancoran.” Tutur Bapak Dewa sambil mengarahkan tim untuk mulai melakukan penanaman setelah melakukan foto bersama. (rls/BPN/tim)

Nama instansi :
Universitas Mahasaraswati Denpasar
Pengabdian Masyarakat Desa Werdi Bhuwana

Penulis
Putu Julia Sudiantari
Kadek Dwipayana Adi Sanjaya

Penanggung Jawab
Kadek Rahayu Puspadewi, S.Pd., M.Pd