Kamis, Maret 28, 2024
BerandaDenpasarMenata Halaman Rumah Bisa Jadi Nilai Ekonomis

Menata Halaman Rumah Bisa Jadi Nilai Ekonomis

DENPASAR, balipuspanews.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster tak kenal lelah untuk terus mengajak dan mendorong seluruh masyarakat untuk menata halaman rumahnya agar terlihat indah, asri dan nyaman serta bermanfaat bagi anggota keluarga.

Manfaat lain, menata halaman rumah juga bisa memberi nilai secara ekonomis untuk keluarga. Tidak hanya itu, kegiatan menata halaman juga menumbuhkan rasa gotong royong antar-anggota keluarga, menyalurkan hobi serta mengenalkan anak-anak untuk mencintai lingkungan sejak dini.

“Rumah jabatan di Jayasabha juga sudah kami tata sedemikian rupa, dengan tanaman bunga, bumbu dapur, serta tanaman lainnya yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kami ingin memberi contoh dan menjadi contoh bagaimana menata halaman rumah, tanaman apa saja yang bisa ditanam sehingga akan terwujud HATINYA PKK,” jelas istri orang nomor satu di Bali ini saat menjadi salah satu narasumber dalam acara Perempuan Bali Bicara yang mengangkat tema “Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Dengan Tanaman HATINYA PKK”, di Studio Bali TV Denpasar, Jumat (9/4/2021) sore.

BACA :  Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ APBD Badung 2023, Bupati Giri Prasta: Kita Mampu Capai Surplus Belanja Rp 1 Triliun Lebih

Dalam arahannya, wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini menyampaikan bahwasanya banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan menata halaman rumah, yakni halaman menjadi lebih asri, teratur, indah dan nyaman (HATINYA PKK).

Bunda Putri juga menambahkan, penataan halaman rumah tidak harus menggunakan tanaman yang mahal dan harus membeli. Tanaman yang ditanam dapat disesuaikan dengan keadaan rumah serta kebutuhan dari anggota keluarga. Pembibitan tanaman juga bisa dilakukan sendiri atau mendapatkan dari lingkungan sekitar.

“Tanaman yang ditanam serta posisinya bisa disesuaikan, kalau di halaman depan bisa tanam bunga-bungaan, di dekat dapur ditanam sereh, cabai, terong. Yang halamannya sempit bisa menggunakan pot atau hidroponik. Kita optimalkan pekarangan yang ada dengan kreativitas kita sehingga akan nyaman dan bermanfaat,” ujarnya.

Ny. Putri Koster juga menyampaikan bahwasannya dalam waktu dekat TP PKK Provinsi Bali akan mengadakan lomba HATINYA PKK di Desa seluruh Bali. Fokus lomba tidak hanya pada satu rumah saja, tetapi bagaimana Desa beserta dengan TP PKK nya menggerakkan masyarakat untuk menata halaman rumahnya masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi yang ada.

BACA :  Tinjau Pelatihan Slipper Hotel di Karangasem, Mensos Risma Siap Bantu Pemasaran

“Ayo kita bersama-sama mulai menata halaman rumah kita masing-masing, mari kita berkreativitas dan lakukan secara mandiri, kita wujudkan halaman rumah yang hijau, rapi, indah, asri dan bermanfaat bagi anggota keluarga,” kata wanita yang dikenal sebagai seniman multitalenta ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali I Made Raiyasa di mana penataan halaman rumah banyak memberi dampak positif tidak hanya halaman menjadi lebih tertata tetapi juga menanamkan jiwa bertani pada generasi muda serta melatih disiplin untuk selalu menyiram dan merawat tanaman.

Pihaknya pun siap untuk bersinergi lebih lanjut dengan gerakan TP PKK dengan penyediaan bibit tanaman serta memberikan bimbingan teknis kepada masyarakat baik untuk penanaman tanaman buah dalam pot maupun hidroponik.

“Gerakan HATINYA PKK ini sangat luar biasa dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan masyarakat, kami siap mensupport dan bersinergi dalam mewujudkan gagasan luar biasa ini,” ujarnya.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular