Minggu, Mei 19, 2024
BerandaGianyarMendapat Dukungan 5 Banjar, Sudiasa Resmi Dilantik Sebagai Bendesa Adat Sanding, Tampaksiring

Mendapat Dukungan 5 Banjar, Sudiasa Resmi Dilantik Sebagai Bendesa Adat Sanding, Tampaksiring

GIANYAR, balipuspanews.com- Tokoh masyarakat Sanding,Tampaksiring, Gianyar, I Wayan Sudiasa resmi dilantik menjadi Bendesa Desa Adat Sanding periode 2020- 2025 di wantilan Pura Desa desa adat setempat, Selasa (29/12/2020).

Ketua panitia pemilihan Bendesa Adat Sanding, I Dewa Gede Agung Wisnawa kepada balipuspanews.com, usai pelantikan menyebutkan, pelantikan dilakukan oleh Majelis Adat Kabupaten Gianyar AA Asmara.

Menurut Agung Wisnawa, pemilihan Bendesa Desa Adat Sanding diikuti tiga calon, masing – masing I Wayan Sudiasa, Wayan Martono dan I Wayan Merta.

“ Ada 7 banjar yang memiliki hak suara. Masing – masing banjar ada 5 perwakilan ditambah kelian adat dan kelian dinas. Jadi satu banjar ada 7 pemegang hak suara. Sehingga total ada 49 pemegang suara,” urai Agung Wisnawa.

Ketujuh banjar tersebut adalah banjar Mancawarna, banjar Sanding Gianyar, banjar Karanganyar, banjar Padang Sigi, banjar Sanding Abianbase, banjar Sanding Seronggo dan banjar Sanding Bitera.

Agung Wisnawa menegaskan, ada tiga sistem pemilihan yang disepakati. Pertama, muyawarah mufakat, rembug antar calon dan dengan lekesan.

“ Saat pemegang suara melakukan musyawarah, disepakati dikembalikan ke masing- masing utusan banjar,” sebut Wisnawa.

BACA :  Tangkal HOAKS, Diskominfo Gianyar Gelar Literasi Cek Fakta

Selanjutnya, lima banjar sepakat memilih Wayan Sudiasa, satu banjar memilih incumbent Wayan Martono, satu banjar memilih I Wayan Merta.

Selain melantik bendesa, pelantikan yang bertepatan dengan Purnama Kapitu itu juga dilakukan pelantikan petengen, penyarikan dan petajuh.

Pemilihan bendesa adat Sanding berlangsung 6 Desember lalu. Terpilihnya Wayan Sudiasa diharapkan membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi desa adat Sanding.

PENULIS/EDITOR : Oka Suryawan

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular