28.7 C
Denpasar
05/07/2022, 12:16 PM
NewsMengenal Berbagai Jenis dan Kategori Cryptocurrency

Mengenal Berbagai Jenis dan Kategori Cryptocurrency

balipuspanews google news
- Advertisement -

balipuspanews.com Beberapa tahun terakhir ini, beredar kabar tentang artis yang merilis koin atau token crypto dan terjun ke bisnis blockchain.

Banyak orang berbondong-bondong untuk membeli, walaupun tidak tahu pasti bagaimana mekanisme yang tepat dalam berinvestasi dengan aset digital. Sebelum membahas mengenai koin dan token, perlu kita ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu cryptocurrency atau mata uang kripto.

Apa itu cryptocurrency?
Cryptocurrency merupakan aset digital yang tercipta dengan perangkat lunak jaringan komputer, dan memungkinkan Anda untuk melakukan perdagangan, serta kepemilikan yang aman. Salah satu contohnya yang paling terkenal adalah Bitcoin.

Seperti kebanyakan mata uang kripto, teknologi yang mendukungnya adalah blockchain. Blockchain menyimpan catatan transaksi dan tahan gangguan, serta dapat melacak kepunyaan atau aset seseorang. Blockchain untuk publik umumnya terdesentralisasi, yang berarti dalam operasinya tidak terdapat campur tangan pemerintah, maupun otoritas lainnya.

Unit individu dari mata uang kripto mempunyai sebutan koin atau token. Koin dan token adalah dua hal yang berbeda, tergantung bagaimana penggunaannya. Beberapa ada yang memiliki fungsi sebagai unit pertukaran barang serta jasa, sebagian lainnya bertujuan untuk menyimpan nilai, hingga berfungsi sebagai bantuan untuk menjalankan jaringan komputer, lewat transaksi keuangan yang kompleks.

Selain itu ada beberapa alternatif token berbasis koin yang dikenal sebagai Altcoin. Apa itu Altcoin? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Altcoin
Menurut artikel dalam Next Advisor, Altcoin adalah alternative coins atau koin alternatif dalam cryptocurrency selain Bitcoin. Hal ini berarti semua cryptocurrency selain Bitcoin masuk dalam kategori Altcoin.

Di samping itu, dalam situs CFI disebut bahwa Altcoin merupakan berbagai cryptocurrency digital yang muncul setelah kesuksesan Bitcoin. CFI mencatat setidaknya ada 900 Altcoin yang ada di seluruh dunia, sedangkan untuk Altcoin pertama adalah Namecoin.

Baca :  Pemerintah Diminta Tidak Terkecoh dengan Ketersediaan Stok Beras

Investopedia menambahkan bahwa Altcoin berdiri sebagai cryptocurrency selain Bitcoin dengan karakteristik berbeda. Salah satunya adalah beberapa Altcoin memiliki mekanisme konsensus berbeda dalam menghasilkan dan memvalidasi transaksi. Beberapa Altcoin juga tercatat menyediakan kemampuan baru seperti volatilitas rendah.

Pada November 2021, jumlah Altcoin sudah mencapai 14.000 cryptocurrency.

Sedangkan menurut Coin Market Cap, Bitcoin dan Ethereum menguasai 60 persen pasar mata uang kripto di seluruh dunia.

4 Jenis Altcoin
Dalam praktiknya, Altcoin memiliki beberapa jenis mata uang kripto yang berbeda-beda. Adapun beberapa jenis utama Altcoin seperti dilansir Next Advisor adalah sebagai berikut.

Stablecoin

Stablecoin merupakan jenis Altcoin yang nilai patokan kepada aset lain dengan nilai kurang stabil. Stablecoin secara umum bertindak sebagai mata uang penyetara atau flat seperti Dolar AS. Tak hanya itu, Stablecoin juga memiliki nilai yang terkait dengan logam mulia dengan potensi mata uang seperti pada umumnya.

Salah satu Altcoin jenis ini adalah Tether yang merupakan mata uang kripto populer di bursa kripto karena kekhususannya dalam mengurangi biaya.

Perannya sebagai stabilizer dalam mata uang kripto membuat Stablecoin memiliki potensi untuk menjadi alat tukar dalam proses transaksi di masa depan berbasis kripto.

Tujuan utama dari Altcoin jenis ini adalah mengurangi volatilitas mata uang kripto lainnya dan bertindak sebagai cadangan untuk menghadapi kegagalan mata uang kripto di bursa kripto.

Mining-based

Mining-based merupakan jenis Altcoin yang berbasis pada penambangan koin baru dengan basis Proof of Work (PoW). PoW sendiri merupakan mekanisme konsensus yang digunakan untuk membuat blok baru dengan menghabiskan energi serta waktu tertentu.

Baca :  Polres Karangasem Awasi Pelabuhan Padangbai Buntut PMK Masuk Karangasem

Altcoin yang lahir dari mining-based umumnya dihasilkan karena proses pemecahan masalah dan didistribusikan melalui algoritma blockchain tertentu sebelum didaftarkan pada bursa kripto.

Contoh Altcoin jenis mining-based antara lain adalah Litecoin dan Monero.

Utility token

Utility token merupakan tipe Altcoin yang digunakan untuk menyediakan layanan dalam jaringan seperti membeli layanan, membayar biaya jaringan, atau menebus hadiah dari bursa kripto.

Utility token juga merupakan Altcoin yang terpopuler karena tidak membayar dividen serta memiliki fungsi dalam berbagai kode atau platform teknologi blockchain dengan akses tertentu.

Contoh Altcoin dengan tipe utility token ini adalah Ethereum karena sifatnya serbaguna dan dapat digunakan untuk membayar seni digital dan berbagai aspek di blockchain.

Altcoin yang termasuk utility token lainnya adalah Filecoin yang digunakan untuk membeli ruang pada jaringan blockchain untuk menyimpan dokumen.

Security Token

Secara umum, security token adalah tipe Altcoin mirip dengan sekuritas di pasar saham. Sifatnya seperti keamanan finansial biasa berbentuk kontrak cari digital yang mewakili pecahan aset nyata dengan nilai tertentu.

Security token merupakan Altcoin yang digunakan untuk mencatat kepemilikan sesuatu dalam blockchain, mengingat catatan blockchain tidak dapat diubah dan dihapus. Altcoin dengan tipe ini umumnya menjanjikan ekuitas dalam bentuk kepemilikan atau pembayaran dividen kepada pemegangnya.

Tak hanya itu, security token umumnya memiliki prospek apresiasi harga yang unik dan menarik investor dan menyerupai saham tradisional. Altcoin tipe security token umumnya berupa perangkat portabel yang mengotentikasi identitas seseorang secara elektronik.

Dimana Tempat Beli Altcoin yang Menguntungkan dan Aman?

Untuk Anda yang ingin memulai investasi di crypto, tenang saat ini sudah ada aplikasi Pintu yang akan membantu transaksi segala jenis crypto termasuk altcoin jadi jauh lebih mudah.

Baca :  Penampilan Gong Kebyar Duta Kabupaten Tabanan Disambut Antusiasme Ribuan Penonton

Aplikasi Pintu OJK merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli aset kripto di Indonesia. Aplikasi ini masih tergolong baru, karena baru saja diluncurkan pada bulan April tahun 2020 lalu.

Aplikasi ini adalah milik dari PT. Pintu Kemana Saja dan kini hadir dalam dua versi yaitu versi aplikasi mobile dan website.

Aplikasi Pintu telah terdaftar secara resmi serta diawasi langsung oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Saat ini aplikasi Pintu telah digunakan lebih dari 2 juta pengguna dan menghadirkan lebih dari 30 aset kripto yang diperdagangkan.

Apa Kelebihan Aplikasi Pintu?

PT Pintu Kemana Saja yang dikenal dengan nama brand Pintu, platform jual beli dan investasi aset kripto yang berfokus pada mobile telah diunduh hingga 2 juta kali dengan pengguna aktif mencapai lebih dari 700.000 di pengunjung tahun 2021.

Kelebihan dari aplikasi ini dibandingkan aplikasi sejenisnya adalah memiliki keamanan yang berlapis seperti fitur sidik jari, face id, PIN, kode OTP, autentikasi dari Google dan MPC.

Kedua, aplikasi pintu memiliki tampilan yang ramah pengguna, sehingga tidak akan membingungkan penggunanya. Aplikasi pintu memiliki fitur address book dan tersedianya layanan customer service selama 24 jam penuh.

Kelebihan selanjutnya yaitu, Anda dapat membeli aset crypto di Pintu mulai dari Rp11.000 saja, mudah dan murah bukan?

Nah, itu dia berbagai hal seputar aplikasi Pintu OJK. Agar tidak terlambat, kamu bisa memulai dari sekarang.

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

- Advertisement -
- Advertisment -

Terpopuler

Balipuspanews TV
Video thumbnail
DPRD Buleleng Beserta Jajaran Mengucapkan Selamat Menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan
01:14
Video thumbnail
Sambutan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, S T Tentang Hari Raya Galungan dan Kuningan
00:53
Video thumbnail
Jajaran Pemerintah Kabupaten Buleleng Mengucapkan Selamat Hari Suci Idul Fitri 1443 Hijriah
01:09
Video thumbnail
Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Karangasem Masih Stabil
01:11
Video thumbnail
Pelaku Illegal Logging Ditangkap Petugas TNBB
01:29
Video thumbnail
Memasuki Bulan Ramadhan, Kunjungan Wisatawan ke Desa Penglipuran Menurun
01:23
Video thumbnail
Tahap Perbaikan, Pelabuhan Padangbai Hanya Operasikan Satu Dermaga
01:27
Video thumbnail
Wujudkan Keselamatan Mudik Lebaran, Dishub Denpasar Cek Kondisi Angkutan
02:26
Video thumbnail
Nikahi Wanita Pujaan, Tersangka Narkoba Dikawal Ketat Polisi
03:03
Video thumbnail
Panen Raya, Karangasem Semakin Menggeliat Jadi Sentra Kapas
03:58
Video thumbnail
Jelang Arus Mudik, Sejumlah SPBU di Jembrana Diperiksa
02:41
Video thumbnail
Denpasar Akan Jadi Pilot Project Transisi Energi Bersih
02:29
Video thumbnail
Diserbu Pembeli, Agen Migor Curah di Pasar Negara Kehabisan Stok
01:42
Video thumbnail
Stok Solar untuk Nelayan Mulai Aman
02:17
Video thumbnail
Megangsingan Diinstruksikan Jadi Agenda Rutin Kepariwisataan
03:19
Video thumbnail
Kasus Gigitan Anjing Rabies Terus Bertambah, Vaksinasi Digencarkan di Zona Merah
01:47
Video thumbnail
Desa Adat Gerokgak Segera Buat Upacara Pasca Sejumlah Makam Dirusak Misterius
02:47
Video thumbnail
Kue “Hati” yang Dibagikan kepada Siswa SMP di Gianyar Negatif Narkoba
03:14
Video thumbnail
Orang Tak Dikenal Bagikan Kue ke Anak Sekolah Viral di Medsos, Polisi Lakukan Pengecekan
02:09
Video thumbnail
Percetakan Terbakar, Api Hanguskan Ribuan Naskah Ujian SD dan SMP se Kabupaten Buleleng
03:27
Video thumbnail
Pertamina Buka Suara Terkait Pasokan Pertalite dan Solar
03:07
Video thumbnail
Covid 19 Melandai, Kasus DBD Melonjak di Karangasem
01:34
Video thumbnail
449 Ribu Lebih Unit Motor di Bali Nunggak Pajak
03:32
Video thumbnail
PTM di Buleleng Dimulai Lagi, Sejumlah Sekolah Masih Terapkan PTM Terbatas
02:09
Video thumbnail
BBM Naik, Pertalite Mulai Langka di Gianyar
01:34
Video thumbnail
April 2022, Sebagian Besar Wilayah Karangasem Diperkirakan Memasuki Awal Musim Kemarau
02:04
Video thumbnail
Harga Minyak Curah di Karangasem Merangkak Naik
01:13
Video thumbnail
Selama Tiga Bulan, Kasus Gigitan Anjing Rabies di Jembrana Tertinggi di Bali
01:24
Video thumbnail
Erick Thohir Minta Fasilitas UMKM Lokal Diperluas di Pelabuhan Sanur
02:13
Video thumbnail
Sembahyang ke Pura Besakih Kena Retribusi, Ini Penjelasan Pengelola
02:30
Video thumbnail
Harga Lebih Murah, Warga Rela Antre Beli Migor Curah
01:09
Video thumbnail
Hujan Deras di Desa Mayong, Jalan Utama Sebagian Ambles Tergerus Longsor
01:49
Video thumbnail
Warga Korban Banjir di Desa Pengambengan Mulai Mengeluh Gatal gatal
02:07
Video thumbnail
Masyarakat yang Ikut Vaksinasi dan Bawa Sampah Plastik, Dapat Sembako
02:54
Video thumbnail
Bangkitkan Heritage City Tour, Sejumlah Dokar Gratis Disediakan di Denpasar
02:06
Video thumbnail
Vaksinasi Booster Masih Rendah, Buleleng Terus Kejar Target
02:31
Video thumbnail
BOR di Rumah Sakit Kabupaten Buleleng 1,72 persen
01:52
Video thumbnail
Presiden Jokowi Terima Pebalap MotoGP di Istana Merdeka
02:28
Video thumbnail
Desa Beraban dan Dauh Peken, Tabanan Ditetapkan Sebagai Desa Ramah Perempuan & Peduli Anak Bersinar
03:49
Video thumbnail
Tanah dan Air Suci dari Pura Pusering Jagat untuk IKN Nusantara Disaksikan Jokowi
03:57
Video thumbnail
Denpasar Targetkan Cakupan Vaksinasi Booster Capai 50 Persen di April 2022
02:33
Video thumbnail
Seluruh RTH Dibuka, Masyarakat Diimbau Jangan Lengah Prokes
01:32
Video thumbnail
Bookingan Kamar Hotel Penonton Moto GP Mandalika di Karangasem Terancam Batal
01:32
Video thumbnail
PTM di Buleleng Masih Dibatasi 50 Persen
01:45
Video thumbnail
Ribuan Lebih Produk Bernilai Puluhan Juta Hasil Penindakan Loka Pom Dimusnahkan
02:37
Video thumbnail
Pendakian Lewat Jalur Pura Pasar Agung Dilarang Jelang Piodalan Purnama Kedasa
01:29
Video thumbnail
Isoter Asrama Undiksha Ditutup
01:52
Video thumbnail
Kasus Terus Melandai, Vaksinasi Booster di Buleleng Terus Digencarkan
01:49
Video thumbnail
Genjot Vaksinasi Booster, Pemkab Jembrana Juga Sediakan Hadiah Menarik
02:26
Video thumbnail
Volume Sampah di Denpasar Meningkat 20 Persen Pasca Nyepi
02:32
Member of