Jumat, Maret 29, 2024
BerandaLifestyleHobiMenghabiskan Waktu Senggang dengan Memelihara Berang-Berang

Menghabiskan Waktu Senggang dengan Memelihara Berang-Berang

Hobi, balipuspanews.com – Sekilas hewan yang mirip dengan musang ini masih sangat tabu untuk dijadikan hewan peliharaan. Namun, di tangan komunitas otter Indonesia, berang-berang alias otter ini mampu dijadikan hewan peliharaan yang sangat ramah bagi manusia.

Di Indonesia sendiri nama berang-berang masih sangat asing ditelinga karena banyak yang beranggapan bahwa hewan semiakuatik ini merupakan hama yang biasa menganggu lahan pertanian maupun tambak.

Salah satu ketua dari Komunitas Otter Indonesia, Georgian Marcello mengungkapkan, berang-berang merupakan salah satu hewan yang tingkat kecerdasan bisa disamakan dengan anjing, dimana hewan ini bisa dilatih untuk melakukan hal yang biasa dilakukan dengan anjing.

“Berang-berang bisa dilatih sama seperti anjing. Jadi dia juga bisa melakukan aktraksi yang biasa dilakukan sama anjing,” ujar Georgian Marcello.

Berang-berang juga merupakan hewan mamalia yang dapat menghasilkan anakan dengan cara beranak. Masa kehamilan dari berang-berang sendiri terbilang cukup singkat, yakni kurang lebih sekitar 60 hari.

Untuk masa penjodohan, dapat dilakukan ketika sudah memasuki umur di atas satu tahun dan dilakukan dengan cara menyatukan pejantan dan betina ke dalam satu kandang.

BACA :  Komite II DPD RI Gelar Kunker ke Gresik Terkait Pengawasan Pelaksanaan UU Minerba

Lebih lanjut ia menjelaskan, berang-berang sangat berbeda dengan hewan peliharaan lainnya, dimana ketika dijodohkan dapat langsung mengandung anakan dengan singkat.

Untuk menjodohkan berang-berang dapat dilakukan ketika mulai memasuki umur di atas satu tahun, namun hewan satu ini baru bisa mengandung anakannya ketika umurnya sudah memasuki tahun kedua.

“Bisa dibilang ini proyek sabar karena menunggu hamil ketika sudah di jodohkan lumayan lama. Otter bisa langsung dijodohin ketika umurnya di atas satu tahun, tapi baru bisa mengandung dan beranak ketika umurnya sudah di atas dua tahun,” kata dia.

Untuk memelihara berang-berang butuh waktu dan tenaga yang cukup, karena hewan satu ini sangat hyperaktif dan sensitif terhadap kondisinya. Kebutuhan yang diperlukan bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan anjing.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memelihara berang-berang harus menyiapkan ‘3B’ yang juga merupakan slogan dari Komintas Otter Indonesia, yakni bau, boros, dan berisik. Hal ini harus sangat diperhatikan bagi para hobiis yang tertarik untuk memelihara hewan satu ini.

BACA :  Diduga Karena Masalah Makanan, Tukang Air Nekad Tusuk Temannya

“Jadi buat hobiis yang mau melihara berang-berang harus siap 3B, yaitu bau karena otter punya bau yang bisa dibilang sangat menggangu pernapasan, boros karena makanannya lele yang satu kilonya Rp 23 ribu dan itu sangat menguras kantong, dan yang terakhir berisik karena yang tadi saya bilang hewan ini sangat hyperaktif dan selalu mencari perhatian dari manusia dengan mengeluarkan suara berisiknya,” ujarnya. (Berbagai sumber)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular