Menikmati Kehangatan Air Panas Belulang

TABANAN, balipuspanews.com – Selain dikenal dengan lahan-lahan pesawahannya yang subur dengan julukannya sebagai daerah lumbung beras, Tabanan juga memiliki banyak tempat wisata. Khususnya tempat wisata alam. Salah satunya obyek wisata pemandian air panas Belulang.

Obyek wisata tersebut terletak di Desa Adat Belulang, Desa Mangesta, Kecamatan Penebel, Tabanan. Obyek wisata ini berjarak kurang lebih lima belas kilometer kearah utara dari jantung kota Tabanan.

Untuk menuju obyek wisata pemandian air panas Belulang ini, setiba di Pasar Penebel belok ke barat menuju Desa Mangesta hingga ketemu pertigaan Desa Mangesta-Belulang.

Pengunjung kemudian mengikuti arah menuju Belulang. Perjalanan dipastikan akan menyenangkan karena disepanjang perjalanan ini suasana alamnya masih hijau dan cukup lestari.

Hingga pengunjung tiba di Belulang. Sekitar 30 meter dari bale banjar Belulang, belok kiri. Dari sini air panas Belulang hanya berjarak sekitar 50 meter.

Pemandian air panas Belulang sendiri berdimensi sekitar 50 meter persegi. Terdapat beberapa buah pancuran, bak untuk berendam dan satu kolam renang yang semua airnya sangat hangat bahkan agak panas.

Air panas ini bersumber dari Pura Taman Beji Pura Luhur Batu Panes yang pusat nya berjarak sekitar sepuluh meter dari pemandian ini. Alangkah baiknya juga, ketika berwisata kesini tidak saja menikmati kehangatan airnya, tetapi juga melakukan perjalanan spiritual dengan bersembahyang di Pura Taman Beji atau juga di Pura Luhur Batu Panes.

Menariknya, air panas Belulang ini diyakini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tertentu. Seperti gangguan pada tulang dan gatal-gatal di tubuh.

Seusai menikmati kehangatan air panas Belulang ini, pengunjung bisa bersantai dengan menikmati kuliner lokal yang dijual diwarung-warung disekitar air panas tersebut. Selain juga bisa membeli oleh-oleh berupa berbagai jenis sayuran dan buah lokal.

Penulis: Ngurah Arthadana

Editor: Oka Suryawan