Minggu, April 14, 2024
BerandaNasionalMenkes Kembali Imbau Masyarakat Terapkan Prokes Saat Liburan

Menkes Kembali Imbau Masyarakat Terapkan Prokes Saat Liburan

JAKARTA, balipuspanews.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia terjadi dalam beberapa minggu terakhir dan diperkirakan mencapai puncaknya pada Januari 2024. Hal tersebut disampaikan saat konferensi pers di Kemenkes, Jakarta pada Jumat sore (22/12/2023). Menurut Menkes, kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia disebabkan karena masuknya subvarian baru virus corona bernama JN.1.

Kemenkes melakukan penelusuran terhadap 77 sampel kasus Covid-19 pada minggu kedua bulan Desember 2023. Hasilnya, dari 77 sampel, ada 43 persen kasus subvarian JN.1.

Pada periode yang sama, ada 16 persen subvarian XBB 1.16, kemudian sebanyak 12 persen lainnya merupakan kasus Covid-19 subvarian XBB 1.9.1. “Jumlah subvarian JN.1 naik dari penelusuran Kemenkes pada minggu pertama Desember 2023, di mana saat itu ada 19 persen kasus JN.1 dari total sampel. Artinya, dalam satu minggu, kenaikan kasus JN.1 tembus 20 persen,” katanya.

“Jika angka kenaikan kasus konsisten sekitar 20 persen per minggu, diperkirakan, pada minggu pertama atau kedua Januari 2024, kasus JN.1 mencapai puncak,” tambah Menkes.

BACA :  Putra Wabup Ipat Meninggal Kecelakaan Lalu Lintas

Lebih lanjut Budi mengatakan berdasarkan data terbaru Kemenkes, ada 9 kasus kematian akibat Covid-19, yang seluruhnya merupakan pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta seperti serangan jantung atau stroke.

Menkes Budi memastikan, jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia ini masih di bawah level satu pandemi virus corona yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Level satu pandemi menurut WHO yakni 56.000 kasus aktif per minggu.

Dijelaskannya, tingkat keparahan pasien Covid-19 minim, terbukti dari rendahnya bed occupancy rate (BOR) atau persentase pemakaian tempat tidur di rumah sakit akibat kasus Covid-19. “Kendati peningkatan kasus tidak terlalu tinggi, kami mengimbau masyarakat tetap waspada, apalagi jelang masa libur Natal dan tahun baru. Jika berada di keramaian atau transportasi umum, masyarakat yang sakit diimbau memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan,” tutup Menkes Budi.

Penulis/editor : Ivan Iskandaria

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular