Selasa, Maret 19, 2024
BerandaDenpasarMensos Berikan Kuliah Umum kepada Personel Seskoal dan Perwira Mahasiswa

Mensos Berikan Kuliah Umum kepada Personel Seskoal dan Perwira Mahasiswa

JAKARTA, balipuspanews.com – Menteri Sosial (Mensos) RI Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan Kuliah Umum kepada 150 Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Dikreg Seskoal) Angkatan Ke-57 TA. 2019 yang terdiri dari 138 Pasis TNI AL, 2 masing-masing TNI AD dan TNI AU, Pasis Negara Sahabat dari Australia, India, Malaysia, Singapura, Pakistan, Korea Selatan, Jepang, Thailand, mahasiswa umum Program Seat In Seskoal dan seluruh prajurit serta PNS Seskoal, berlangsung di Kelas Gabungan ‘Gedung Samadikun’ SESKOAL, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (22/01).

Didampingi Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, Mensos RI, Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan kuliah umum dengan tema ‘Peran Kementerian Sosial RI Dalam Penanganan Masyarakat Pesisir Pasca Bencana Alam’.

Adapun materi Kuliah Umum yang diberikan oleh Menteri Sosial RI antara lain: Jenis Bencana dan Bidang Tugas di Kemensos RI, Pentingnya Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat, Nota Kesepahaman, Pembagian Tugas dalam Klaster Nasional Bidang Penanggulangan Bencana, Program Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Peran Kementerian Sosial dalam Penaggulangan Bencana, Potensi Penanggulangan Bencana Alam, Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2010 Tentang Mitigasi Bencana di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Perkembangan dan Spesialisasi Tagana, Operasi Penaggulangan Bencana Tahun 2018, Kampung Siaga Bencana, Tujuan KSB, Kegiatan dan Komponen Pembentuk KSB.

BACA :  OJK Bali Dorong Penyaluran KUR bagi Petani dan UMKM

“Sesuai arahan Presiden meminta agar Kementerian Sosial meningkatkan kualitas program kampung-kampung siaga bencana,” ungkap Mensos.

Menurutnya Kemensos sendiri dalam tiga tahun terakhir ini ada Program Kampung Siaga Bencana. Program Mitigasi yang melibatkan masyarakat di daerah dan Pemda. Sementara Tugas Kemensos menentukan wilayah dan kampung mana yang akan disentuh program tersebut. Kampung-kampung yang dianggap rentan terhadap bencana baik gempa, tsunami, banjir, longsor. Arahan Presiden agar program-program seperti itu ditingkatkan dan diperluas.

Sementara itu Komandan SESKOAL Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. mengatakan terimakasih atas kehadiran Menteri Sosial (Mensos) RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan memberikan Kuliah Umum memberikan pencerahan dan pengetahuan mengenai ‘Peran Kementerian Sosial RI Dalam Penanganan Masyarakat Pesisir Pasca Bencana Alam’.

“Diharapkan semoga materi yang diberikan dapat dipedomani oleh para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA. 2019, para prajurit dan PNS Seskoal serta para mahasiswa yang mengikuti program Seat In Seskoal,” kata Komandan SESKOAL Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian. (Ivan/bpn/tim)

BACA :  Polda Bali Imbau Warga Tetap Waspada di Tengah Cuaca Ekstrem
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular