Menunggu Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Selesai, Gianyar Belum Laksanakan Vaksinasi Booster

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di salah satu tempat di Gianyar
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di salah satu tempat di Gianyar

GIANYAR, balipuspanews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Gianyar, Bali belum menentukan jadwal pasti terkait pemberian vaksinasi tahap ketiga (booster) untuk masyarakat di Kota Seni.

Hal itu dikarenakan mereka masih fokus menyelesaikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yang telah memasuki vaksinasi tahap kedua, Rabu (12/1/2022) ini. Dalam vaksin booster, tahap pertama akan diberikan pada masyarakat usia 18 tahun ke atas.

Kepala Dinas Kesehatan Gianyar, Dokter Ida Komang Upeksa mengatakan, terkait pemberian vaksin booster untuk masyarakat Gianyar belum bisa dipastikan.

“Kita selesaikan dulu vaksin kedua anak-anak di sekolah. Lalu yang tercecer kita layani di rumah sakit. Target kita untuk kegiatan di lapangan, kita selesaikan minggu-minggu ini. Setelah itu baru kita cus vaksin boosternya,” ujar mantan Direktur RSUD Sanjiwani Gianyar tersebut.

Baca Juga :  Pengukuhan Paskibraka Provinsi Bali Tahun 2022, Duta Bali untuk Istana Berasal dari Karangasem

Ida Upeksa menjelaskan, vaksin booster merupakan vaksinasi ketiga untuk masyarakat yang telah divaksin sebanyak dua kali. Namun pada kali ketiga ini, jenis vaksin yang diberikan tidak sama dengan jenis vaksin yang sebelumnya diterima.

Misalnya, ketika vaksinasi pertama dan kedua mendapatkan vaksin jenis Sinovac, maka dalam vaksinasi booster diberikan Astrazeneca. Sementara jika vaksin 1 dan 2 diberikan vaksin Astrazeneca, maka dalam vaksinasi tahap ketiga akan diberikan vaksin moderna.

“Vaksin kita masih ada. Dalam vaksin booster ini kita bertahap. Diutamakan dulu yang umur 18 tahun ke atas. Nanti juga akan ada screening. Kalau vaksin keduanya belum ada 6 bulan, belum kita boleh Vaksin Booster,” ujarnya.

Baca Juga :  Ditabrak Mobil, Pengendara Motor Asal Tamblang Meregang Nyawa

“Saat ini, stok Astrazeneca sudah ada. Untuk moderna kita tinggal menunggu droping saja. Tadi kita sudah ambil Astrazeneca di Provinsi dan akan dipakai untuk Vaksin Booster Sinovac,” tandasnya.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan