Lomba mebat (mengolah) masakan khas Bali
Lomba mebat (mengolah) masakan khas Bali
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke – 74, Camat Karangasem kembali menggelar lomba mebat (mengolah) masakan khas Bali pada Selasa (13/08/2019) yang bertempat di Kantor Camat Karangasem.

Lomba “Mebat” ini adalah yang ke 2 kalinya digelar, dimana sebelumnya lomba pertama digelar pada saat perayaan HUT Kemerdekaan tahun 2018 lalu.

Lomba kali diokuti oleh 13 regu dari semua instansi mulai dari kelurahan, Desa, Bumdes maupun organisasi – organisasi lainnya yang berada di Kecamatan Karangasem dengan menghadirkan tiga orang juri ahli yang diambil dari organisasi ICA (Indonesian Chef Association) Kabupaten Karangasem.

“Kategori poin penilaian yang digunakan dalam lomba mengolah makanan Bali atau gibungan ini, dari segi penampilan, rasa, Kebersihan, kekompakan tim dan inovasi,”kata Made Suarka salah satu dari tiga juri yang melakukan penilaian.

Sementara itu Camat Karangasem, Cok Korde Alit Surya Prabawa mengatakan, kegiatan mengolah makanan Bali (membuat gibungan) akan dijadikan kegiatan lomba yang akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya yaitu untuk memperingati dan memeriahkan hari HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lomba hari ini adalah penyelenggaraan hasil dari evaluasi kegiatan lomba tahun lalu. Tujuan penyelenggaraan lomba membuat gibungan ini selain untuk memperingati HUT RI , juga mempunyai tujuan ingin melestarikan Budaya Bali yang dalam hal ini membudayakan pengolahan makanan Bali berupa olahan gibungan.

Setelah seluruh peserta selesai mengolah, tim juri memutuskan sebagai juara pertama diraih oleh perwakilan Desa Bugbug, Juara ke- 2 diraih oleh Kelurahan Karangasem dan Juara ke- 3 diraih oleh Desa Tegallinggah. (art/bpn/tim)