Meski Rusia Kena Sanksi Inggris, Pemilik Chelsea Roman Abramovich Santai Tak Terpengaruh

Pemilik Chelsea asal Rusia Roman Abramovich
Pemilik Chelsea asal Rusia Roman Abramovich |pic: thesportsbank.net

LONDON, INGGRIS- Invasi Rusia ke Ukraina berdampak serius bagi Rusia yang terkena sanksi Inggris, hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap investor asal Rusia, namun berbeda dengan Roman Abramovic pemilik club Chelsea yang mengklaim tidak akan mengalami masalah langsung bahkan jika dirinya ditempatkan dalam daftar sanksi potensial Inggris.

Pemilik The Blues Abramovich dan sponsor tempat latihan Everton Alisher Usmanov keduanya disebutkan oleh anggota parlemen Lib Dem Layla Moran di antara 35 orang Rusia terkemuka yang dia yakini aset mereka harus dibekukan dan disita.

PM Boris Johnson terpaksa mengoreksi catatan Parlemen setelah salah mengatakan kepada Commons bahwa sanksi telah dijatuhkan .

Pada tahun 2018, Abramovich diberi tahu bahwa “visa emasnya” tidak akan diperpanjang jika sudah kadaluwarsa.

Dia jarang berada di Inggris sejak itu dan telah mengambil paspor Israel.

Jika sanksi diterapkan, semua aset individu yang disebutkan namanya akan dibekukan.

Sejauh ini tidak ada tanda-tanda hal itu terjadi, dan sumber-sumber yang dekat dengan Abramovich bersikeras bahwa dia tidak melakukan apa pun yang akan membuatnya dikenai sanksi.

Tetapi bahkan jika itu terjadi, itu dipahami tidak mungkin akan ada dampak apapun pada club Chelsea, setidaknya dalam jangka pendek.

Pakar hukum percaya bahwa Pemerintah akan menyetujui resmi “mengukir” Chelsea dari setiap tindakan prospektif untuk menghindari dampak yang signifikan pada klub yang mempekerjakan ratusan orang dan didukung oleh ribuan.

Itu berarti Chelsea dapat melanjutkan sebagai bisnis, termasuk menerima uang siaran di masa depan dari Liga Premier dan UEFA – dan membayar upah kepada staf.

Tanpa “mengukir”, segala sesuatunya bisa menjadi rumit, karena akan ilegal bagi siapa pun untuk memberikan manfaat apa pun “secara langsung atau tidak langsung” kepada individu yang terkena sanksi atau perusahaan mereka.

Abramovich telah menggelontorkan lebih dari £1,5 miliar ke klub sejak pengambilalihan tahun 2003 yang memicu dua dekade kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya termasuk dua kemenangan Liga Champions dan lima mahkota Premier.

Tetapi kembalinya penonton membuat sekitar £ 3 juta pendapatan untuk setiap pertandingan di Stamford Bridge, kemungkinan bertambah hingga hampir £ 90 juta musim ini, di atas pendapatan TV dan sponsor.

Namun, jika Abramovich disebutkan namanya – masih dirasa kurang mungkin – itu akan mencegah pendanaan pemilik lebih lanjut.

Itu dapat berdampak pada kemampuan Chelsea untuk membelanjakan uang di pasar transfer dalam jangka panjang, meskipun kesepakatan klub baru-baru ini menunjukkan bahwa mereka cenderung tetap mendanai sendiri dalam lingkungan bisnis yang normal.

Namun, hal-hal mungkin menjadi ujian lebih bagi Everton jika mereka mempertimbangkan untuk meminta Usmanov untuk investasi masa depan .

Tanpa lisensi pemerintah Inggris – dan persetujuan perjanjian kontrak sebelumnya – klub tidak akan diizinkan untuk menerima dana lebih lanjut dari individu yang terkena sanksi atau dari perusahaan mana pun di seluruh dunia yang dimiliki oleh orang tersebut.