Kamis, Mei 23, 2024
BerandaKlungkungMiliki Excavator Baru, DLHP Klungkung Optimis Penanganan Sampah di TPA Sente Bisa...

Miliki Excavator Baru, DLHP Klungkung Optimis Penanganan Sampah di TPA Sente Bisa Optimal

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Kabupaten Klungkung kini memiliki ‘senjata’ tambahan untuk mengurai sampah di TPA Sente, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Yakni sebuah excavator baru, yang sudah datang sejak tanggal 4 April lalu.

Dengan adanya alat berat baru ini, DLHP optimis bisa lebih cepat menata sampah residu di TPA Sente.

Kepala Dinas LHP Kabupaten Klungkung, I Nyoman Sidang menyampaikan, alat berat berupa excavator yang menelan anggaran Rp1 miliar lebih tersebut sudah mulai beroperasi sejak tanggal 6 April lalu. Tepatnya setelah diupacarai dan diserahterimakan. Dengan kedatangan alat baru ini, maka DLHP tidak perlu lagi meminjam ataupun menyewa alat berat.

“Alat berat di TPA Sente kan hanya satu saja yang kita punya. Yakni alat berat yang berukuran kecil. Itupun sekarang dalam kondisi rusak dan masih dalam perbaikan. Selain alat yang kecil, sebelumnya kan kami pinjam atau sewa alat berat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nyoman Sidang mengatakan, jika dilihat dari kebutuhan, sejatinya satu unit alat berat saja sudah cukup untuk disiagakan di TPA Sente. Apalagi sampah yang diurai dan ditata di TPA tersebut  hanyalah sampah residu.

BACA :  Prabowo Diharapkan Lakukan Pendekatan Baru Lebih Kontributif untuk Kemerdekaan Palestina

“Kalau dilihat dari kebutuhan, karena di TPA hanya buang sampah residu, harusnya sih cukup,” imbuhnya.

Agar volume sampah tidak melampaui batas kemampuan alat berat, maka Nyoman Sidang juga meminta partisipasi masyarakat. Masyarakat diingatkan agar rutin memilah sampah sesuai jadwal dan membuangnya tepat waktu.

“Yang perlu dimaksimalkan yang penting bagi  masyarakat adalah agar ikuti jadwal dan jam buang sampah. Selain itu dipastikan kapan untuk buang sapah organik dan anorganik,” jelasnya.

Sementara disinggung mengenai kondisi TPA Sente saat ini, Nyoman Sidang mengatakan masih ada sejumlah titik kepulan asap. Utamanya di sisi timur dan selatan. Upaya pemadaman masih terus dilakukan. Bahkan DLHP masih meminjam mesin dan selang panjang dari BPBD untuk melakukan  penyemprotan setiap hari,” Kita upayakan sambil jalan untuk padamkan asapnya dengan rutin melakukan penyiraman.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular