14/08/2020, 10:58 AM
Beranda Editor's Picks Misteri Badan Manusia dalam Hindu 

Misteri Badan Manusia dalam Hindu 

Religi, balipuspanews.com – Menurut ajaran Agama Hindu, manusia memiliki tiga lapis badan yang disebut Tri Sarira yaitu sthula sarira (badan wadag), sukma sarira (badan astral), antah karana sarira (jivatman/roh).

Dalam upacara sradha badan astral dilambangkan dengan dengan puspa sarira. Puspa sarira artinya berbadan bunga. Dan inilah yang dibakar yang abunya dibuang (hanyut) ke laut, sehingga jiwatma tidak lagi terikat untuk sthula sarira dan suksma sarira.

Jiwatma yang demikian itulah disebutkan telah suci, sehingga dapat memasuki alam ketuhanan yang disebutkan “mur amungsi maring siwa Buddha loka”.

Upacara memukur atau disebut “nyekah” atau maligya, adalah kelanjutan dari upacara  “ngaben” di Bali. Dalam upacara memukur badan halus atau suksma sarira dilambangkan dengan puspa lingga.

Puspa lingga artinya bunga kumbang dari badan astral dari orang yang diupacarai.

Adapun bunga-bunga yang dipakai lambang perwujudan dari badan halus untuk orang yang diupacarai adalah bunga padma yang mekar, bunga tunjung (teratai), daun medori dan daun beringin. Karena puspa lingga ini unsur-unsur pentingnya “sekah” dalam bahasa Bali artinya Bunga Sekah  atau puspa lingga inilah yang dibakar, untuk mempercepat proses badan astral atau suksma sarira, kembali pada asalnya, sehingga Sang Hyang Atma, benar-benar terlepas dari ikatan badan kasar dan badan halus.

Dengan demikian Sang Hyang Atma dengan karma wasananya menghadap Tuhan. Karmawasana inilah yang menentukan Sang Hyang Atma apa masuk sorga atau masuk ke neraka.

(Oleh: Ratu Kakiang Puri Bitera)

 

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Status Tersangka, Ribuan Orang Tanda-tangan Petisi Bebaskan Jerinx SID yang Ditahan di Polda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com - Penahanan pengebuk drum Superman Is Dead Gede Ari Astina alias Jetinx SID di Polda Bali menggoncangkan dunia maya. Ribuan orang menandatangi...