Api ilustrasi.google
Api ilustrasi.google
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Fenomena mistis dialami oleh salah seorang petani ketika bergadang diareal persawahan Subak Andong, Desa Abang, Karangasem demi mendapatkan pasokan air keareal sawahnya beberapa waktu lalu.

Berdasarkan penuturan I Made Ariana salah seorang petani asal Desa Abang, Karangasem yang mengalami fenomena mistis tersebut mengungkapkan, saat itu malam sudah cukup larut bahkan waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 01.00 wita, Ariana masih sibuk disaluran irigasi untuk mendapatkan pasokan air.

Namun saat mengawasi aliran air, sekitar seratus meter didepannya, tiba – tiba muncul “Endihan” cahaya menyerupai cahaya kunang – kunang hanya saja berukuran cukup besar. Cahaya tersebut terlihat bergerak – gerak naik dan turun berkedip kedip layaknya lampu disko, tidak hanya itu, sesekali cahaya tersebut juga menjadi besar dan mengecil sebelum akhirnya menghilang.

Awalnya Aryana mengira cahaya tersebut berasal dari lampu senter milik petani lainnya yang juga begadang untuk mendapatkan pasokan air, namun setelah dilihat disekelilingnya ternyata tidak ada siapapun. Sadar akan apa yang disaksikannya, Aryana pun langsung tiarap ditempat dan tidak berani melihat kearah cahaya tersebut.

“Suasananya sepi, hanya ada suara binatang – binatang disawah, cahayanya tiba – tiba membesar dan mengecil, byar… Byar… Byar… Setelah itu saya langsung tiarap,” tuturnya.

Menurut Ariana, diareal persawahan tersebut, memang dikenal cukup angker fenomena – fenomena menyeramkan juga kerap kali dialami oleh petani lainnya, hanya saja mereka tidak mau menceritakannya.

Meski cukup mencekam, Ariana terpaksa mau tidak mau harus bergadang agar tanaman padinya tetap mendapatkan pasokan air, pasalnya dampak musim kemarau membuat debit air disaluran irigasi tersebut menjadi kecil sehingga jika mengairi sawah pada siang hari maka tidak akan kebagian air karena dipakai petani lainnya.

Fenomena seperti ini memang terkadang sukit untuk diterima akal sehat, namun percaya atau tidak percaya sejumlah orang memang pernah mengalaminya, bahkan dari cerita – cerita orang tua terdahulu, memang fenomena “endihan” ini kerap terjadi, hanya saja tidak disembarang tempat itupun pada hari – hari tertentu saja konon “endihan” ini adalah ajang beradu kekuatan bagi orang – orang yang menekuni ilmu tertentu.