Kamis, Desember 7, 2023
BerandaDenpasarMobile Unit Dihadirkan di KTT G20, Pemeriksaan Delegasi Melalui 3 Konter

Mobile Unit Dihadirkan di KTT G20, Pemeriksaan Delegasi Melalui 3 Konter

DENPASAR, balipuspanews.com– Dalam menyambut pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15 hingga 16 November 2022 di Bali, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai yang bertugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah menyiapkan 3 konter khusus delegasi G20 yang terpisah dengan pemeriksaan reguler.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Anggitlat Napitupulu, Selasa (25/10/2022).

“Ya kami sudah menyiapkan 3 konter imigrasi khusus untuk para delegasi di Terminal Kedatangan Internasional. Dimana satu kounter berisi empat petugas. Sehingga terdapat total 12 petugas pada konter khusus tersebut”, terang Anggiat.

Dikatakannya lebih lanjut, untuk pemeriksaan keimigrasian terhadap delegasi terdapat empat jalur pemeriksaan. Yakni pertama, Terminal VVIP ruang pelayanan keimigrasian bagi Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan.

Kedua, Terminal VIP ruang pelayanan bagi Menteri atau sekelas Menteri dan Direktur Jenderal atau sekelas Eselon I. Ketiga, Terminal GAT (General Aviation Terminal) dan keempat Terminal Kedatangan Internasional.

“Kami sudah lakukan mapping dan plotting terhadap pegawai yang akan bertugas, termasuk menyiapkan Mobile Unit yang digunakan untuk pemeriksaan keimigrasian mengingat kesibukan atau kepadatan pesawat yang akan datang pada saat itu,” terangnya.

Tentang pengoperasian Mobile Unit, Anggiat menjelaskan Bandara I Gusti Ngurah Rai sebelumnya hanya memiliki 1 buah Mobile Unit yang digunakan pada saat kondisi-kondisi Force Majeur. Dengan adanya KTT G20, Kantor Imigrasi Ngurah Rai akan mendapatkan tambahan sebanyak 9 Mobile Unit sehingga terdapat total 10 Mobile Unit.

“Mobile Unit ini kami manfaatkan untuk percepatan layanan kepada delegasi G20 agar tidak terjadi penumpukan antrian di Bandara,” ungkapnya.

Selanjutnya pasca pelaksanaan KTT G20, Mobile Unit ini akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan bagi WNA yang datang ke Bali.

BACA :  Cadangan Energi "Sangat Kritis", Pemprov Rumuskan RUED-P

“Kami yakin pasca G20 jumlah WNA yang akan datang ke Bali akan menyamai masa-masa sebelum pandemi,” tutup Anggiat Napitupulu.

Penulis: Kontributor Denpasar
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular