Modus Tukar Mata Uang, Kasir Toko Diduga Jadi Korban Hipnotis

Ilustrasi hipnotis. (Gambar: Tangerangnews.com)
Ilustrasi hipnotis. (Gambar: Tangerangnews.com)

KARANGASEM, balipuspanews.com – Polsek Kota Karangasem langsung bergerak melakukan penyelidikan menyusul beredarnya informasi terkait adanya dugaan penipuan dengan modus hipnotis yang dilakukan oknum bule disalah satu toko di Karangasem.

Kapolsek Kota Karangasem, AKP I Putu Sunarjaya dihubungi, Rabu (26/10/2022) mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait kasus tersebut. Hanya saja, setelah mendapat infomasi pihaknya langsung turun untuk melaksanakan penyelidikan.

“Belum ada laporan, tapi kita tetap laksanakan penyelidikan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh pihak kepolisian, awalnya pada Minggu 23 Oktober 2022 sekira pukul 18.50 WITA, sepasang WNA yang tidak diketahui identitasnya datang berbelanja ke salah satu toko di wilayah Subagan.

Saat itu, WNA laki-laki tersebut melakukan pembayaran pada kasir I, namun saat itu bule tersebut berpindah ke kasir II yang ada disebelahnya dan kebetulan saat itu sedang menghitung uang yang ada di kasir.

Kepada kasir itu, WNA tersebut mengaku mau menukarkan mata uang yang dibawanya dengan uang yang ada di kasir. Namun tanpa sadar kasir tersebut menyerahkan uang sebesar Rp 750 ribu tanpa menerima uang tukaran dari bule tersebut.

Tak berhenti sampai di sana, setelah beraksi di kasir II, WNA tersebut sempat kembali ke kasir I untuk menukarkan uang lagi, namun syukurnya tidak sampai terjadi penukaran uang, kemudian kedua WNA tersebut meninggalkan toko menuju ke arah selatan.

Sampai akhirnya sekitar pukul 22.00 WITA, kasir toko menyadari telah tertipu setelah uang hasil penjualan tidak balance dengan jumlah uang yang ada pada kasir. Di sana pegawai yang bertugas saat itu baru sadar dan teringat bahwa ada WNA yang menukarkan uang.

Sampai akhirnya pemilik toko melihat rekaman CCTV yang ada toko tersebut dan merekamnya hingga tersebar di media sosial.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan