Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya berswafoto dengan penari topeng Gajahmada.
sewa motor matic murah dibali

BATURITI, balipuspanews.com – Pemukulan kentongan dan penancapan kayon oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menandai pembukaan Festival Ulun Danu Beratan kelima di areal Taman Beji, DTW Ulun Danu Beratan, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Kamis (24/10) siang.

Pembukaan festival kali ini juga dimeriahkan iring-iringan parade gebogan dari 14 STT Pemaksan Ulun Danu Beratan. 

Nah, menariknya dalam festival tahun ini yakni dua kesenian sakral dipentaskan wayang emas Majapahit dan topeng Gajah Mada. Tari Wali yang sarat makna itu, sengaja dipentaskan di Ulun Danu Beratan, karena Ulun Danu Beratan diyakini sebagai Cakra Bhuwana atau inti bumi.

Para undangan serta penonton yang sebagian besar wisatawan mancanegara tampak terkesima melihat atraksi sepanjang pertunjukan. Pun, tepuk tangan di akhir pertunjukan tidak pernah berhenti. 

Saat pentas usai, Bupati Eka pun nampak bergegas menuju ke panggung bersama para undangan lainnya. Mereka langsung naik ke panggung mengabadikan momen langka berswafoto dengan penari topeng Gajahmada.

“Ya, kan (topeng Gajahmada) jarang-jarang dipentaskan. Jadi kapan lagi bisa photo bersama,” singkat Bupati Eka.

Hadir pula perwakilan dari Kementerian Pariwisata I Gede Pitana, Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga dan sejumlah pejabat lainnya. Festival akan digelar sampai dengan 27 Oktober mendatang.