Momen Sumpah Pemuda, GenBI Undiksha Resmikan Pojok Baca Untuk Tingkatkan Literasi Membaca

Pojok Baca yang diresmikan di Panti Asuhan Permata Bangsa, Desa Pemaron, Buleleng, Rabu (28/10/2020)
Pojok Baca yang diresmikan di Panti Asuhan Permata Bangsa, Desa Pemaron, Buleleng, Rabu (28/10/2020)

BULELENG, balipuspnews.com – Bertepatan pada Hari Sumpah Pemuda GenBi (Generasi Baru Indonesia) Komisariat Undiksha Singaraja mencoba melaksanakan sebuah program mulia untuk mencerdaskan generasi muda dengan membuka sebuah perpustakaan mini yang diberinama Pojok Baca di salah satu yayasan yang ada di Kabupaten Buleleng.

Dalam kegiatan tersebut ada sekitar 400 buku yang berhasil dikumpulkan untuk menjadi bahan bacaan anak-anak yang ada di Yayasan Panti Asuhan Permata Bangsa, Desa Pemaron. Kepedulian Komunitas mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Bank Indonesia ini patut diapresiasi dan diacungi jempol sebab dengan program tersebut ilmu tambahan akan didapat oleh masing-masing anak yang tinggal ditempat terebut.

Anggota Genbi Bali Komisariat Undiksha, yang sekaligus sebagai ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut Kadek Ayu Mutiara Pratiwi mengatakan dirinya bersama teman-teman sudah melakukan pengumpulan buku-buku yang berasal dari donatur dan juga dari masing-masing anggota Genbi untuk dijadikan bahan bacaan di perpustakaan mini yang dibuka di Panti Asuhan Permata Bangsa, di Jalan Dewa Putu Kertha, Gang Nusa Indah, Desa Pemaron.

“Tentunya kami memillih membuka pojok baca dikarenakan masih ada panti asuhan yang belum memiliki perpustakaan khusus tempat untuk baca untuk anak panti asuhan,” ujarnya.

Dalam momen tersebut dirinya berharap dengan adanya pojok baca yang tidak lain merupakan program kerja dari Genbi khususnya di bidang pendidikan diharapkan bisa bermanfaat untuk ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita ada 400 buku lebih disini, nantinya buku-buku ini semoga nermanfaat untuk menambah pengetahuan dari generasi muda yang ada disini,” imbuhnya.

Tak hanya itu Ayu Mutiara menerangkan peresmian pojok baca kali ini mengingat juga bertepatan dengan masa pandemi covid-19 sehingga bisa bermanfaat bagi banyak anak di panti asuhan yang tidak bisa keluar rumah. Jadi dengan adanya pondok baca ini, nantinya bisa menambah wawasan anak-anak dipanti asuhan serta meningkatkan literasi membaca masing-masing.

“Kita punya slogan “berbagi buku berbagi ilmu”. Jadi anak panti asuhan yang tidak memiliki handphone untuk belajar daring, dengan buku-buku ini bisa membantu minat baca mereka,” tegasnya.

Disisi lain, Kepala Panti Asuhan Permata Bangsa Freetje Ventje Tambuwun menyampaikan rasa terima kasih terhadap apa yang dilakukan Genbi Komisariat Undiksha Singaraja dengan kepeduliannya dalam memperhatikan anak-anak yang ada di Yayasannya. Sehingga pihaknya merasa terbantu dengan adanya buku-buku yang diberikan.

“Dipilihnya panti asuhan kami. Rasanya senang sekali, karena merasa terbantu dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa terutama pada anak-anak,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan