Minggu, Mei 19, 2024
BerandaDenpasarMomentum Kemerdekaan RI, LPM Sesetan Bagikan Nasi Bungkus dan Sembako

Momentum Kemerdekaan RI, LPM Sesetan Bagikan Nasi Bungkus dan Sembako

DENPASAR, balipuspanews.com – Tepat di tengah euforia perayaan atau momentum Kemerdekaan NKRI ke-76, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan, memilih perayaan dengan aksi sosial dengan berbagi sembako dan membagikan nasi bungkus di tengah pandemi Covid-19, Selasa (17/2/2021) pagi.

Aksi yang berpusat di kantor Lurah Sesetan dan di jalan raya depan kantor Lurah, mereka membagikan 600 nasi bungkus porsi jumbo.

Pantauan balipuspanews.com, warga tampak antusias menerima nasi bungkus yang dibagikan LPM dengan menyasar pengendara yang melintang di tengah padatnya mobilitas Jalan Raya Sesetan, Denpasar.

Memang di tengah situasi pandemi ini, sebungkus nasi sekalipun sangat berharga bagi orang-orang yang terdampak langsung, atau yang kehilangan mata pencaharian. Pandemi Covid-19 ini menimbulkan dampak layaknya perang.

Ditemui di sela kegiatan, Ketua LPM Sesetan I Made Suarta menjelaskan, selain 600 nasi bungkus, pihaknya membagikan ratusan paket sembako untuk warga di semua banjar di bawah Kelurahan Sesetan.

Untuk mencegah kerumunan, pengambilan paket sembako telah diatur.

“Dapat kita pahami bagaimana situasi masyarakat. Hanya dalam waktu singkat, ratusan nasi dan sembako ludes. Semoga situasi ini segera lewat,” harap Suarta yang juga Rektor Universitas PGRI Mahadewa Indonesia tersebut.

BACA :  Kasus DBD di Klungkung Alami Peningkatan

Kata dia, LPM punya peran strategis sebagai mitra lurah dalam menjalankan pembangunan di lingkup pemerintahan terkecil. Karenanya, sejak Covid-19 mewabah, pihaknya turun langsung mengedukasi warga terkait penerapan protokol kesehatan, apalagi Sesetan dikenal dengan penduduknya yang padat, heterogen serta mobilitas yang tinggi.

Jika pada situasi normal, Agustus adalah bulan yang sangat dinantikan warga karena digelar Sesetan Karnaval berpusat di Lapangan Pegok. Sayangnya, sudah dua tahun karnaval yang sangat meriah ini ditiadakan akibat pandemi. Untuk diketahui, Suarta adalah salah satu penggagas kegiatan yang sukses memutar roda perkonomian warga sekitar tersebut.

Suarta yang juga seniman Arja ini mengaku, suksesnya aksi berbagi ini berkat komunikasi yang baik dan sinergitas semua pihak baik LPM, Lurah sesetan, Perusahaan maupun wakil rakyat atau legislatif.

“Kami ucapkan terima kasih atas support atau dukungan dari Lurah, Ibu Sari galung yang merupakan anggota DPRD provinsi Bali, Djarum, maupun pihak lainnya yang memiliki jiwa gotong royong untuk membantu sesama di tengah masa sulit pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

BACA :  OJK Terbitkan Peraturan Perkuat Kelembagaan BPR/BPR Syariah

Pihaknya berharap, semoga pandemi ini cepat berlalu. Dirinya mengajak masyarakat untuk taat terhadap prokes agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan.

“Hanya disiplin prokes yang ketat virus ini akan dapat ditangani dengan cepat,” ajaknya optimis pandemi cepat reda.

Sementara itu, Ketua Bold Riders, Frendy merasa “plong” dapat berkontribusi meringankan beban masyarakat meski tidak semua warga Sesetan berhasil dijangkau.

Ke depan, komunitas motor ini bertekad melakukan aksi sosial secara kontinyu dengan komunitas-komunitas di bawah bendera Bold Riders.

Pihaknya merasa turut memiliki Sesetan karena bermarkas di sana. Ia juga mengaku senang bekerja sama dengan Suarta karena dikenal sebagai tokoh yang “bares” di lingkungannya.

“Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat agi warga, setidaknya untuk bertahan sementara waktu,” ungkap Frendy.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular