Selasa, Juli 16, 2024
BerandaJembranaMudahkan Akses Pemedek, Pemkab Bangun Jalan Terusan Dibawah Pura Rambut Siwi

Mudahkan Akses Pemedek, Pemkab Bangun Jalan Terusan Dibawah Pura Rambut Siwi

JEMBRANA, balipuspanews.com– Guna memudahkan akses masyarakat untuk bersembahyang dan melaksanakan yadnya, Pemkab Jembrana akan bangun jalan terusan menuju areal bawah dikawasan suci Pura Luhur Rambut Siwi.

Jalan itu menghubungkan dengan Pura Segara, Pura Goa Dasar, dan Pura Goa Tirta yang berada dikaki tebing Pura Luhur Rambut Siwi. Kondisi curam dan beratnya medan menuju lokasi dibawah selama ini menyulitkan akses pemangku dan pemedek

Hal tersebut disampaikan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba saat meninjau lokasi tersebut, Rabu (19/6/2024).

Pihaknya mengatakan rencana pembukaan akses jalan tersebut usai memperoleh usulan krama pengempon pura dan masyarakat sekitar saat melaksanakan persembahyangan akses yang dilalui sangat sulit mengingat letak pura berada dikaki tebing.

“Setelah memperoleh hasil diskusi dan putusan seluruh pengempon dan masyarakat disini. Kita sepakat untuk membuatkan akses jalan turun kepantai dan hari ini hasil tender sudah ada pemenangnya dengan anggaran sekitar hampir Rp 3 miliar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan bahwa anggaran yang digunakan untuk pembuatan akses jalan tersebut berasal dari dana BKK Kabupaten Badung.

BACA :  Final Copa America: Argentina Kalahkan Kolombia 1-0, Juara Back to Back

“Untuk itu, saya berterima kasih kepada bupati Badung, Pemkab Badung dan masyarakat Badung itu sendiri. Kita ingin disamping akses jalan ini untuk kepentingan keagamaan juga bisa sebagai destinasi wisata mengingat pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasanya sekali,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Jembrana, I Wayan Sudiarta menuturkan secara teknis pembangunan akses jalan simpang Pura Luhur Rambut Siwi menuju 3 pura yang berada di kaki tebing sudah sesuai perhitungan dan segi perencanaannya.

“Untuk lebar jalan sendiri, kurang lebih 10 meter sehingga memudahkan akses lalu lintas pemedek saat melaksanakan persembahyangan terutama saat piodalan,” ujarnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular