Jumat, Maret 29, 2024
BerandaDenpasarMudarta Sampaikan Orasi Partai Demokrat, Menuju Pemilu Damai

Mudarta Sampaikan Orasi Partai Demokrat, Menuju Pemilu Damai

DENPASAR TIMUR,balipuspanews.com- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) partai Demokrat Bali I Made Mudarta menyampaikan orasinya dihadapan ketua KPU Bali, perwakilan masing-masing partai dan calon anggota DPD Bali di lapangan Puputan Margarana dalam acara pembukaan kampanye Damai, Denpasar, (24/3).

“Kali ini Partai Demokrat adalah partai tengah, semntara partai lain bergerak ekstrim kiri ekstrin kanan. Demokrat berada pada posisi tengah. Partai Demokrat merupakan beridiologi Nasional Regius,” tegasnya.

Mudarta mengatakan bahwa etika politik santun dan damai, sesuai lokal jenius adat budaya Indonesia. Dirinya mencontohkan ketika kader utama Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masa Bhakti 2004-2014 suasana negara Indonesia baik dalam kontestasi politik, hajatan politik berjalan dengan langsung, aman, demokratis, dan damai.

Disebut Mudarta, ujaran kebencian, caci maki, diksi kebencian seperti kecebong, genderuwo dan lain-lain yang merupakan energi negatif tidak pernah terungkap, ketika 10 tahun kepemimpinan SBY.

Ini adalah capaian luar biasa. Hingga capain indeks demokrasi sangat tinggi dilevel nasional, hari ini turun dari 41 menjadi 69. Ini merupakan tantangan yang sangat hebat bagi pemerintah pusat maupun provinsi, kabupaten/kota seluruh Bali, untuk mewujudkan Pemilu yang langsung, umum bebas rahasia (luber).

BACA :  Diduga Karena Masalah Makanan, Tukang Air Nekad Tusuk Temannya

Politik damai, lanjut Mudarta, sesuai tageline KPU ingin mewujudkan pemilu damai, diman etika politik damai, etika politik Demokrat sesuai sesanti perjuanagn krama Bali, dimana setiap acara diakhiri dengan mengucapkan kata Shanti Shanti Shanti (damai, damai, damai), sesuai etika politik partai demokrat adalah partainya krama Bali dan partai yang diberkati Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dengan mayoritas warna biru, sesuai konsep dewata nawa sanga konsep arah Suci, di Bali arahnya kaje kangin berstana di pura Besakih dan lambang mersi pin mendapat inspirasi dari senjata trisula,
sesuai lokal jenius Bali.

Lebih lanjut Mudarta mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh KPU Bali, dengan memberikan kesempatan berorasi, menyampaikan visi-misi dari masing- masing partai dan calon anggota DPD. “Ide cerdas, karena ketua KPU Bali sudah memiliki pengalaman yang mumpuni atau berpengalaman menjadi ketua KPU Bali, berharap ide cerdas ini terus mengalir dalam even demokrasi lainnya, sesuai tageline pemilu damai sesuai dengan etika partai demokrat, tegasnya.

BACA :  Rayakan Lebaran di Kampung Halaman, Polresta Denpasar Gelar Mudik Gratis

Dipandang pria asal Jembrana, bahwa terobosan seperti ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih dalam pemilu nanti. “Dimana saat masing-masing perwakilan partai maupun calon DPD, penekanannya selalu ingat tanggal 17 April untuk datang ke TPS memilih,”tandasnya. (bud/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular