22/09/2020, 1:12 AM
Beranda Bali Buleleng Mudik Lebaran, Seluruh Kendaraan Dinyatakan Laik Jalan

Mudik Lebaran, Seluruh Kendaraan Dinyatakan Laik Jalan

SINGARAJA, balipuspanews.com – Sebanyak 11 unit kendaraan angkutan mudik di Kabupaten Buleleng, mendapat inspeksi dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Bali-Nusa Tenggara Barat. Inspeksi itu sengaja dilakukan, jelang arus mudik yang berlangsung selama sepekan kedepan. Terlebih puncak arus mudik diperkirakan jatuh beberapa hari lagi, yakni pada Sabtu (1/6) dan Minggu (2/6).

Proses inspeksi itu menyasar sejumlah perusahaan otobus yang ada di Buleleng. Diantaranya PO Puspasari dan PO Manggala. Selain itu penguji dari BPTD juga melakukan inspeksi ke sejumlah perusahaan yang menyediakan layanan angkutan orang antar jemput. Diantaranya PO Safari Dharma Raya, PO Pahala Kencana, dan PO Gunung Harta.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng Gede Gunawan mengatakan, proses ramp check itu langsung dilakukan oleh para penguji dari BPTD. Pengujian pun dilakukan dengan sangat ketat. Bukan hanya dilakukan pengecekan ban dan rem saja, bahkan kondisi sasis dan lampu indikator di panel kemudi juga dilakukan pengecekan.

Apabila ada yang dinyatakan tidak lulus, pengelola perusahaan masih diberikan waktu melakukan perbaikan selambat-lambatnya pada 29 Mei lalu.

 

“Syukurnya seluruh bus yang dimiliki PO itu lulus inspeksi. Termasuk bus antar jemput orang yang dipakai mengangkut penumpang dari Singaraja ke Gilimanuk itu juga sudah lolos inspeksi,” kata Gunawan.

Bus-bus yang dinyatakan sudah lolos uji itu, langsung diberikan stiker inspeksi. Prosedur pemberian stiker itu pun sudah diatur secara ketat dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2019 tentang Pengaturan Lalu Lintas pada masa angkutan lebaran.

Lebih lanjut Gunawan mengatakan, rencananya akan ada 4 unit bus yang dicarter untuk angkutan mudik bersama. Pihaknya hingga kini belum mengetahui pasti apakah bus-bus tersebut telah memenuhi standar kelaikan atau belum.

“Sebab nanti itu ada kontrol ketat di Pos Perhubungan yang ada di Gilimanuk. Jadi kalau busnya belum lolos inspeksi, itu tidak bisa nyebrang ke Jawa. Kami akan koordinasikan dan cek lagi dengan penyelenggara, mudah-mudahan angkutannya sudah lolos inspeksi,” kata Gunawan.

- Advertisement -

Sepintas Seperti WNA Mayat Tanpa Identitas, Gegerkan Warga Desa Penuktukan

BULELENG, balipuspanews.com - Penemuan sosok mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan di Pantai Palisan, Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula sekitar pukul 06.00 Wita oleh seorang warga...

Turis Wanita Asal Ukraina Dijambret di Jalan Raya Semer, Pelaku Masih Dikejar Polisi

KUTA UTARA, balipuspanews.com - Usai galungan, jambret kembali beraksi. Kali ini menimpa seorang turis wanita asal Ukraina, berinisial DB. Korban terjatuh dan luka-luka setelah...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play