Logo atau lambang Koperasi Indonesia
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, Balipuspanews.com – Beberapa koperasi unit desa (KUD, red) di Kabupaten Gianyar mulai meredup keberadaannya, salah satunya KUD Gianyar II. KUD yang sudah berdiri puluhan tahun ini mulai melemah karena daya simpan pinjam di KUD oleh masyarakat mulai menurun.

Ketua KUD Gianyar II I Ketut Warka menjelaskan bahwa mulai melemahnya KUD Gianyar II ini adalah akibat ketatnya persaingan, selain itu masyarakat sekarang enggan untuk meminjam atau menyimpan uangnya di KUD dan memilih untuk melakukan simpan pinjam di bank.

“Masyarakat sudah mulai berlaih ke bank, jadi KUD tidak terlalu dibutuhkan untuk simpan pinjam. Ini yang terjadi terhadap KUD kami, sudah mulai melemah, ” ujarnya, Selasa (19/11/2019).

Hal ini dibuktikan dengan keuntungan atau laba KUD Gianyar II pada tabun 2018 tercatat hanya Rp. 22.378.200. “Keuntungan kami atau laba bersih pada tahun 2018 hanya sebesar Rp Rp. 22.378.200,” katanya.

KUD Gianyar II awalnya memiliki unit usaha berupa bengkel, warung, dan beberapa unit usaha lainnya, namun karena persaingan maka unit-unit usaha ini ada beberapa yang bangkrut atau tidak dapat beroperasional lagi.(catur/bpn/tim).