Gunung Agung masih menunjukan aktivitas vulkanik dalam sebulan belakangan
Gunung Agung masih menunjukan aktivitas vulkanik dalam sebulan belakangan

KARANGASEM, balipuspanews.com – Aktivitas Gunung Agung terus dipantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG). Dalam sebulan belakangan, gunung tertinggi di Bali itu menunjukan aktivitas gempa vulkanik dalam yang terekam alat seismik pos pemantauan Gunung Api Agung.

Gempa Vulkanik Dalam adalah gempa yang menandakan masih adanya pergerakan magma dari kedalaman yang mengindikasikan adanya suplai magma baru di perut Gunung Agung.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api WilayahTimur, dr. Devy Kamil Syahbana ketika dikonfirmasi Rabu (26/2/2020) membenarkan kondisi tersebut.

Ia menjelaskan, bahwa memang dalam satu bulan terakhir ini, gempa vulkanik dalam masih terekam. Hanya saja jumlahnya belum signifikan dan cenderung tidak mengalami peningkatan.

“ Gempa Vulkanik Dalam terjadi karena masih ada pergerakan magma dari kedalaman. Hanya saja jumlahnya tidak signifikan,” terang Devy Kamil Syahbana.

Menurut Devy Kamil, hingga saat ini potensi erupsi Gunung Agung masih ada namun potensi ancaman bahayanya masih berada di dalam radius 4 kilometer dari puncak kawah Gunung.

“Jadi selama masyarakat berada di luar radius itu mereka tetap aman,” jelasnya.(igs/tim/bpn)