Muncul Kasus Dugaan Korupsi di Bumdes, Kejari Karangasem Siap Atensi

Ilustrasi korupsi Bumdes. (Gambar: Nusantara Pos)
Ilustrasi korupsi Bumdes. (Gambar: Nusantara Pos)

KARANGASEM, balipuspanews.com – Mencuatnya kasus dugaan korupsi di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) disalah satu desa di Kabupaten Karangasem mencuri perhatian banyak pihak.

Sejumlah warga khususnya pengguna media sosial (medsos) turut berkomentar terhadap kasus dugaan korupsi tersebut. Beberapa diantaranya ada yang mendorong agar Kejaksaan Negeri (Kejari) Karangasem bisa memantau kondisi Bumdes lainnya yang ada di Bumi Lahar.

Menanggapi permintaan tersebut, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Karangasem, I Dewa Gede Semara Putra dihubungi, Sabtu (1/10/2022) mengatakan, bahwa pihak Kejaksaan Negeri siap untuk melakukan pemantauan Bumdes yang lainnya di Karangasem.

“Kejari Karangasem siap melakukan pemantauan terhadap Bumdes yang ada di Karangasem dan dengan program jaga desa perintah Jaksa Agung,” ujar Semara Putra.

Ia menjelaskan, melalui program tersebut, nantinya Desa akan didampingi secara hukum supaya menjadikan Desa maju dengan pengelolaan dana yang baik dan transparan.

Nah, apabila ada warga masyarakat Karangasem yang menemukan adanya dugaan penyimpangan, bisa melaporkan langsung kepada Kejaksaan Negeri Karangasem, baik melalui kanal pengaduan, bersurat ataupun datang langsung ke Kejaksaan Negeri Karangasem.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Kejaksaan Negeri Karangasem, Endang Tirtana juga menghimbau agar Bumdes-Bumdes lainnya di Karangasem agar transparan dan akuntabel dalam bekerja serta mengikuti ketentuan yang ada.

“Jangan sampai ada niat untuk menguntungkan diri sendiri, orang lain atau korporasi atau memperkaya diri sendiri. Kejari juga siap melalui bidang Datum, kalo ada Bumdes yang ingin konsultasi silahkan datang dan sampaikan apa kendalanya,” kata Endang Tirtana.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan 

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version