Kamis, Maret 28, 2024
BerandaBulelengMuseum Gedong Kirtya Dijadikan Pusat Penelitian Lontar Kuno

Museum Gedong Kirtya Dijadikan Pusat Penelitian Lontar Kuno

BULELENG, balipuspanews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng berupaya mempertahankan warisan budaya yang yang dilakukan secara sinergi dengan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja.

Rencananya melalui kerjasama ini, Museum Gedong Kirtya akan dijadikan pusat penelitian lontar-lontar kuno serta sebagai rujukan para pemikir di Bali hingga di Dunia.

Hal tersebut terungkap saat penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan antara Pemkab Buleleng dengan STAHN Mpu Kuturan Singaraja, mengambil tempat di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Kamis (3/9).

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST mengungkapkan bahwa momentum ini memiliki keterkaitan yang erat dengan upaya Pemkab Buleleng dalam mempertahankan budaya dan tradisi leluhur yang ada di Buleleng. Keberadaan STAHN Mpu Kuturan ini juga patut dibanggakan, karena nantinya juga akan membantu dalam melestarikan unsur keagamaan, baik itu di lingkungan masyarakat ataupun dunia pendidikan di Buleleng.

“Kebetulan STAHN Mpu Kuturan ini pijakannya agama dan budaya dan tentu terdapat disiplin keilmuan yang menyesuaikan dengan budaya kekinian. Sehingga sangat relevan dalam hal upaya kita menjadikan Gedong Kirtya menjadi pusat penelitian lontar,” ungkapnya.

BACA :  Pj. Bupati Jendrika Hadiri Rakor Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi 2024

Sejalan dengan hal itu, Pemkab Buleleng telah melakukan pendekatan-pendekatan dengan keluarga Ibunda Soekarno yakni Ibu Nyoman Rai Srimben untuk melakukan restorasi kediamannya. Rumah Nyoman Rai Srimben nantinya akan dijadikan cagar budaya di Buleleng. Namun karena terkendala dengan situasi pandemi yang masih terjadi hingga saat ini, implementasinya akan dilakukan tahun depan.

“Kita akan coba menggali satu persatu pelajaran dan peninggalan leluhur kita untuk mempertahankan warisan beliau,” imbuhnya.

Disisi lain, Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Dr. I Gede Suwindia, S.Ag., M.A. menjelaskan usai penandatanganan nota kesepahaman ini, selanjutnya pihak STAHN Mpu Kuturan akan melanjutkan pada proses pembuatan Surat Perintah Kerja (SPK) di Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.

STAHN Mpu Kuturan juga akan melaksanakan kegiatan yang melibatkan masyarakat, salah satunya dalam hal pendidikan keagamaan. Hal itu ditujukan untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat khususnya di Bali Utara ini.

“Seperti kata Bapak Bupati, kita punya kearifan lokal yang harus diterjemahkan ulang dari perspektif masyarakat kekinian. Lontar ini bukan barang kuno yang tidak bernilai, justru harus kita gali nilai-nilainya untuk konteks kehidupan kekinian,” tutupnya.

BACA :  Gandeng Badan Zakat Nasional Denpasar, OJK Bali Beri Edukasi Keuangan Syariah

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular