Mutasi 129 Perwira TNI, Danpaspampres akan Jabat Pangdam IX Udayana

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

JAKARTA, balipuspanews.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan mutasi jabatan 129 perwira tinggi pada tiga angkatan di lingkup TNI.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (20/11/2020) menyebutkan mutasi tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/991/XI/2020 tanggal 18 November 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dari 129 jabatan yang mengalami mutasi tersebut, salah satunya adalah pergantian Panglima Kodam IX/Udayana dari Mayjen TNI Kurnia Dewantara yang akan digantikan oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang saat ini menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengawal Presiden (Danpaspampres).

Mayjen TNI Kurnia Dewantara kemudian akan ditempatkan menjadi Perwira Tinggi Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Untuk posisi Danpaspampres yang ditinggalkan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak selanjutnya akan digantikan oleh Brigjen TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Komandan Korem 061/Surya Kencana (Bogor) dalam lingkup Kodam III/Siliwangi.

Kemudian posisi Komandan Korem 061/Surya Kencana (Bogor) yang lowong akan diisi Kolonel Inf Achmad Fauzi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi (Korem 172/Pwy) yang masuk dalam lingkup Kodam XVII/Cenderawasih.

Dalam isi Keputusan Panglima TNI tersebut disebutkan bahwa mutasi dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Penulis : Hardianto 

Editor : Oka Suryawan