Nama Wisnu Bawa, Suwisma dan Yoga Ana Muncul Sebagai Kandidat di Mahasabha XII PHDI

Ilustrasi- Logo Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI). (Foto: PHDI)
Ilustrasi- Logo Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI). (Foto: PHDI)

JAKARTA, balipuspanews.com – Sejumlah nama muncul dalam bursa kandidat Ketua Umum Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) periode 2021-2026 dalam Mahasabha XII PHDI. Nama-nama tersebut antara lain Wisnu Bawa Tenaya, Sang Nyoman Suwisma dan Ketut Untung Yoga Ana.

Pada hari kedua pelaksanaan Mahasabha XII PHDI yang dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (29/10/2021), panitia Mahasabha mengagendakan sejumlah acara yaitu Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus Parisada Pusat Masa Bhakti 2016-2021 yang disampaikan Dharma Adhyaksa, Ketua Sabha Walaka, dan Ketua Umum Pengurus Harian.

Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan pandangan umum terhadap LPJ pengurus PHDI untuk diberi persetujuan diterima atau tidaknya LPJ oleh para peserta rapat.

Baca Juga :  Ikuti Puteri Remaja Indonesia, Pelajar asal Klungkung Raih Prestasi Gemilang

Pandangan umum disampaikan 34 Parisada Provinsi dan 6 Ormas Keagamaan Hindu Nasional. Dari 34 provinsi itu, sebanyak hadir 27 Provinsi hadir dalam forum mahasabha.

“Dalam pandangan umum, dukungan terkuat datang dari provinsi-provinsi masih kepada Bapak Wisnu Bawa Tenaya lebih dari 10 suara, Bapak SN Suwisma 3 suara, dan Bapak Untung Yoga 2 suara,” ungkap Sekretaris Steering Committee (Panitia Pengarah) Mahasabha XII PHDI, Astono Chandra Dana disela-sela mahasabha.

Sisanya, menurut Mangku Astono, panggilan akrab Astono Chandra Dana, ada 11 Provinsi yang belum menyebutkan nama secara terbuka.

“Yang 11 daerah lainnya hanyà kriteria tanpa menyebutkan nama,” imbuhnya.

Pada Pembukaan Mahasabha XII PHDI yang dibuka Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya mengatakan dirinya siap dipilih kembali memimpin PHDI pusat untuk periode 2021-2026 ke depan, jika peserta rapat menghendakinya.

Baca Juga :  Ratusan Ikan Mas Koki Ditampilkan Saat Kontes Bemas Koki Tahun 2022

Purnawiran Jenderal Bintang Tiga TNI Angkatan Darat yang juga mantan Pangdam Udayana ini menyerahkan sepenuhnya kepada peserta Mahasabha.

“Kita serahkan kepada putusan rapat,” tegas Wisnu Bawa.

Ia mempersilahkan siapapun yang terpanggil untuk memimpin PHDI ke depan untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Harian. karena menurutnya banyak umat Hindu dan kader yang bagus dan siap memimpin.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan