Selasa, Juli 23, 2024
BerandaTeknologiGadgetNikmati Kelengkapan dan Fitur yang Ditawarkan Galaxy S23 Series 5G

Nikmati Kelengkapan dan Fitur yang Ditawarkan Galaxy S23 Series 5G

DENPASAR, balipuspanews.com
Dalam riset disebutkan bahwa Samsung masih menjadi salah satu produsen smartphone flagship terdepan di Indonesia. Hal tersebut tak terlepas dari teknologi terdepan yang senantiasa Samsung hadirkan di lini smartphone flagship-nya, dan yang terbaru ada di Galaxy S23 Series 5G.

Bahkan, Galaxy S23 Series 5G memberikan berbagai fungsi yang menawarkan pengalaman penggunaan perangkat yang lebih seamless dan beda dari smartphone lainnya.

“Galaxy S23 Series 5G menawarkan lebih banyak cara baru dan mudah bagi pengguna dalam melakukan navigasi, membuat konten lebih epic hingga menjalankan multitasking lebih powerful, yang tidak dapat ditemukan di perangkat lainnya berkat fitur-fitur andalan seperti Camera Assistant pada fitur kamera, S pen hingga One UI 5.1 yang menghadirkan fungsi yang beragam untuk memudahkan pengalaman penggunaannya,” jelas
Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Selasa (7/3/2023) di Jakarta.

Ditambahkan, pengguna bisa explore lebih jauh kemampuan Galaxy S23 Series 5G untuk menikmati pengalaman penggunaan perangkat sesuai preferensinya, serta berbagai shortcut dan fitur-fitur menarik yang hadir demi kemudahan dan kenyamanan pengguna.

Tak hanya itu, membuat konten epic dengan lebih leluasa berkat hacks di kamera dan galeri Galaxy S Series salah satunya dikenal akan kemampuannya dalam menciptakan konten epic secara instan di berbagai situasi. Maka dari itu, hacks dalam content creation pun bisa kamu temukan di Galaxy S23 Series 5G.

Satu hacks yang patut kamu coba adalah menggunakan aplikasi Camera Assistant dari Samsung. Untuk menggunakan Camera Assistant, kamu bisa unduh aplikasinya terlebih dahulu di Galaxy Store, lalu buka Camera Assistant di menu pengaturan kamera.

Dengan Camera Assistant, lanjut Verry, pengguna bisa pilih apa saja fitur terotomasi yang ingin dipakai untuk pengalaman memotret yang terkustomisasi secara penuh.

BACA :  11 Tahun Lakukan Konservasi, Disbud Badung Kumpulkan 3200 Lontar

Pengguna bisa mengatur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode HDR untuk mendapatkan color range yang diinginkan di berbagai situasi, termasuk saat low light ataupun backlight.

Pengguna juga bisa menentukan lensa mana yang ingin dipakai untuk memotret dengan mengatur fitur Auto Lens Switching, sehingga bisa lebih explore berbagai cara pengambilan gambar di berbagai kondisi.

Camera Assistant juga memberikan lebih banyak pilihan pengaturan kamera ketika memotret maupun merekam video. Ada fitur Soften Pictures untuk membuat tepi atau tekstur yang tegas dari objek yang difoto menjadi lebih halus, ini bisa digunakan ketika mengambil foto selfie atau portrait untuk tampilan kulit yang lebih halus.

Lalu, ada Faster Shutter yang dapat diaktifkan agar shutter kamera dapat diklik dengan lebih cepat–cocok untuk memotret objek yang bergerak.

“Selain itu, ada juga Camera Timeout untuk memilih berapa lama tampilan preview dari kamera hidup secara terus menerus, jadi kamu bisa mulai bikin konten secara instan tanpa memikirkan perangkat akan terkunci, ” imbuhnya melengkapi.

Hacks content creation berikutnya yang patut dicoba adalah menambahkan efek bokeh di foto biasa. Berkat editing tools yang semakin advanced di aplikasi Gallery Galaxy S23 Series 5G, dapat membuat foto portrait kekinian dari foto apa saja yang kamu ambil beberapa waktu lalu.

Dalam hal ini, pengguna bisa menambahkan efek bokeh, atur intensitas keburaman, hingga pilih mode bokeh untuk menciptakan foto portrait yang epic dari foto diri mana pun.

Menariknya, lebih dari alat untuk menulis dan menggambar, S Pen bisa jadi ‘remote’ hingga ‘kaca pembesar’
S Pen bisa dibilang menjadi fitur yang menyimpan hacks terbanyak dibanding fitur-fitur lainnya.

S Pen, yang tersedia khusus di Galaxy S23 Ultra 5G, benar-benar lebih dari sekadar alat tulis atau gambar karena ia juga bisa berfungsi sebagai ‘remote’ hingga ‘kaca pembesar’.

BACA :  Hari Koperasi ke-77, Momentum Kuatkan Koperasi dan UMKM

“Jadi, siap-siap dibuat kagum dengan berbagai hacks yang bisa kamu lakukan dengan S Pen berkat kegunaannya yang sangat luas,” terangnya.

Salah satu hack dari S Pen di Galaxy S23 Ultra 5G yang wajib kamu coba adalah mengekstrak tulisan di gambar menggunakan fitur Text Capture.

Dalam hal ini, pengguna bisa mengambil informasi di dalam gambar secara instan tanpa mengetik ulang. Jadi, saat menerima gambar berisi alamat atau nomor rekening, kamu cukup blok tulisan yang ada lalu copy-paste ke tujuan yang kamu inginkan.

Hack berikutnya sangat berguna ketika mau membuat konten. Dalam hal ini, pengguna bisa pakai S Pen sebagai ‘remote’ untuk kamera. Bisa tekan tombol S Pen selama 2-3 detik untuk buka kamera, tekan tombol S Pen sekali untuk menekan shutter, serta tekan tombol S Pen dua kali untuk beralih dari kamera belakang ke depan atau sebaliknya.

Selain bisa jadi ‘remote’, S Pen di Galaxy S23 Ultra 5G juga bisa menjadi ‘kaca pembesar’. Dalam hal ini, pengguna bisa menggunakan S Pen untuk memperbesar tampilan tulisan di layar dengan pilihan pembesaran hingga 300%.

Jadi, ketika membaca artikel dan butuh tampilan yang lebih besar, bisa pakai S Pen untuk melakukan pembesaran tanpa perlu bolak-balik zoom in-zoom out menggunakan jari.

Lebih lanjut, pengguna juga bisa translate kalimat secara instan menggunakan S Pen di Galaxy S23 Ultra 5G tanpa perlu pindah aplikasi. Caranya, cukup blok teks yang ingin diterjemahkan pakai S Pen lalu pilih fungsi translate yang ada di menu Air Command.

“Hasil terjemahan akan muncul secara otomatis, di mana kamu juga bisa mendengar kalimat tersebut dibacakan,” ulasnya.

Tak kalah menarik, kamu juga bisa membuat gif pakai S Pen menggunakan fungsi Smart Select. Pertama-tama, buka video dengan frame yang ingin kamu jadikan gif.

BACA :  Joe Biden Resmi Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Presiden Amerika

Ketika video diputar, buka menu Air Command, pilih opsi Gif, dan blok tampilan video. Dari situ, perangkat akan otomatis merekam video yang sedang diputar untuk kemudian diubah menjadi gif

Baru-baru ini, One UI 5.1 telah hadir di Galaxy S23 Series 5G yang membuat lini smartphone premium tersebut mendapat berbagai penambahan fitur di beberapa aspek, salah satunya dalam memaksimalkan produktivitas pengguna.

Kini, pengguna bisa mulai multitasking dengan lebih praktis dan seamless di Galaxy S23 Series 5G hanya dengan satu gerakan jari. Dalam hal ini, One UI 5.1 membekali Galaxy S23 Series 5G dengan fungsi gesture khusus untuk multitasking di mana kamu bisa pakai fitur Multi Window hanya dalam satu kali swipe.

Jadi pengguna cukup swipe pakai dua jari dari bagian bawah layar, lalu Galaxy S23 Series 5G akan otomatis menjalankan mode split screen atau pop-up view. Untuk bisa pakai fungsi gesture ini, pastikan telah mengaktifkannya di menu Labs.

Caranya, buka Settings, pilih Advanced Features, lalu pilih Labs dan aktifkan toggle Swipe for pop-up view dan Swipe for split screen.

Galaxy S23 Series 5G juga menyimpan hacks lain bagi pengguna yang ingin memaksimalkan produktivitasnya kapan pun dan di mana pun. Dalam hal ini, khusus untuk Galaxy S23 Ultra 5G, optimalisasi antara S Pen, Google Meet, dan Samsung Notes memberi pengguna pengalaman video conference yang lebih kolaboratif.

“Jadi, ketika pakai fitur live sharing di Google Meet, seluruh partisipan di panggilan video bisa bersama-sama edit-edit catatan atau dokumen yang dibuka di Samsung Notes secara real-time. Hasil brainstorming pun bisa lebih maksimal karena semua orang bisa berpartisipasi secara langsung,” pungkasnya.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular