Minggu, Oktober 25, 2020
Beranda Bisnis Nikmatnya Betutu Ayam Kampung Buk Jero Gilimanuk

Nikmatnya Betutu Ayam Kampung Buk Jero Gilimanuk

TABANAN, balipuspanews.com – Bali memiliki beragam jenis kuliner dengan bahan baku daging ayam. Salah satunya dengan produk yang sangat dikenal, yakni ayam betutu.

Ayam betutu sendiri ada beragam jenis dan cita rasa. Salah satu ayam betutu yang legendaris di Bali adalah betutu ayam kampung Gilimanuk.

Nikmatnya betutu ayam kampung ini juga sangat diminati oleh seorang tokoh politik Tabanan, I Wayan Sarjana, S.Sos. Keterpikatannya dengan betutu ayam kampung Gilimanuk membuatnya kemudian menjadikannya sebagai bisnis yang disebutkannya sangat menjanjikan.

“Saya pribadi sangat menyukai betutu ayam kampung Gilimanuk. Sehingga saya tidak ragu untuk menjadikan betutu ayam kampung Gilimanuk ini sebagai bisnis atau usaha,” ungkapnya.

Mantan anggota DPRD Tabanan tiga periode ini menceritakan, setelah jenuh berpolitik ia mencoba banting stir dengan bisnis pada bidang kuliner. Seperti jual nasi jinggo dengan ikon “Angkringan Kau” yang berlokasi di Desa Blahkiuh, Badung.

Berikutnya ia sempat membuka bisnis yang juga menggunakan ayam baku ayam. Selain itu ia juga membuka usaha air minum yang diproduksinya dikawasan Bedugul. Setidaknya dalam perbulan mampu memproduksi 1.000 calon.

“Produk air ini dikenal dengan nama Airin. Hingga saat ini pemasarannya sendiri meliputi wilayah Tabanan, Badung dan Denpasar,” ujarnya.

Hingga akhirnya politikus asal Baturiti ini jatuh hati dengan betutu ayam kampung Gilimanuk dan dijadikan sebagai salah satu bisnisnya dengan nama “Betutu Ayam Kampung Buk Jero Gilimanuk”.

Usahanya ini dimulainya dengan membuka di Bedugul beberapa tahun lalu. Selanjutnya ia buka di jalan Pahlawan (utara Pura Dalem kota Tabanan dan sejak tanggal 15 Juli 2020 dibuka di Sangeh.

“Minggu depan rencananya akan saya buka diseputaran Renon, Denpasar,” terangnya saat ditemui disalah satu warung makan Betutu Ayam Kampung Buk Jero Gilimanuk miliknya, baru-baru ini.

Lebih jauh Sarjana mengatakan tentang pilihannya membuka usaha kuliner betutu ayam kampung ini karena disukai banyak kalangan. Baik warga lokal, wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Terkait lokasi, diakuinya sengaja memilih tempat-tempat yang strategis atau dekat dengan obyek wisata. Seperti halnya dengan tempatnya yang ketiga yang hanya berjarak beberapa puluh meter kearah utara obyek wisata Sangeh.

Untuk warung makan miliknya yang terbaru yakni yang berlokasi di Sangeh ini sendiri merupakan hasil kerjasama dengan Buda Art Studio dan Sawah Rafting.

Sementara bagi pengunjung bisa memilih beberapa paket yang tersedia. Seperti paket untuk satu keluarga (4 orang), paket satu ekor, paket 1/2 ekor dan paket 1/4 ekor.

Masing-masing paket tersebut sudah termasuk nasi putih, sambal terasi dan sambal matah, kacang goreng dan plecing.

Mengenai cita rasa, betutu ayam kampung Gilimanuk milik Sarjana ini patut diacungi jempol. Kaya bumbu rempah, dagingnya lembut dan sangat layak dinikmati dalam berbagai suasana.

Tentang harga  sangat kompetitip untuk ayam betutu dikelasnya dan maaf, jangan salahkan “Betutu Ayam Kampung Bu Jero Gilimanuk” jika pembeli yang telah mencobanya ketagihan untuk datang, datang dan datang lagi. Jadi, silahkan datang dan buktikan kenikmatan cita, rasa “Betutu Ayam Kampung Bu Jero Gilimanuk ini.

Penulis/Editor : Ngurah Arthadana

- Advertisement -

Warga Temukan Orok di Parit Areal Jogging Track Sanur Kauh

SANUR, balipuspanews.com - Penemuan orok membusuk berlangsung di pinggir parit areal jongging track di Jalan Prapat Baris, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Jumat (23/10/2020) sekitar...

Tak Hiraukan Teguran, Pabrik Penyulingan Daun Cengkeh Akhirnya Ditutup Paksa

Sebuah tempat usaha penyulingan daun cengkeh yang berada di Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada ditutup paksa oleh tim Satpol PP Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan sebab pemilik tempat tidak menghiaraukan teguran petugas, sehingga Pol PP lalu bertindak tegas menutup paksa usaha penyulingan daun cengkeh yang beroperasi dan dianggap menimbulkan polusi udara.
Member of