Jumat, Juli 26, 2024
BerandaBulelengNilai Kepahlawanan Monumen Bhuana Kerta Harus Bisa Ditularkan Ke Generasi Muda

Nilai Kepahlawanan Monumen Bhuana Kerta Harus Bisa Ditularkan Ke Generasi Muda

BULELENG, balipuspanews.com – Monumen perjuangan Bhuana Kerta yang terletak di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng memiliki nilai-nilai sejarah perjuangan yang amat bagus untuk ditularkan khususnya kepada generasi muda di Buleleng.

Sehingga Bupati Buleleng, Bali Putu Agus Suradnyana meminta kepada seluruh pihak khususnya para generasi muda untuk terus bisa mempedomani nilai-nilai serta semangat kepahlawanan untuk membangun Buleleng.

Hal tersebut diungkapkannya saat ditemui usai bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan HUT ke 74 Monumen Bhuana Kerta dan HUT ke 65 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Monumen Bhuana Kerta, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Senin (17/1/2022).

Agus Suradnyana mengatakan jika peringatan keberadaan Monumen dan Pura Bhuana Kerta ke-74 ini beranjak dari ikrar para pahlawan terdahulu untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Bersamaan dengan HUT itu juga dipakai momentum memperingati HUT ke 65 LVRI. Maka dengan keberadaan monumen serta pura ini, mengingatkan seluruh pihak di Buleleng dan Bali bahwa nilai-nilai kepahlawan dan sejarah sangat penting untuk dijaga.

BACA :  Diduga Depresi, Nenek Ditemukan Gantung Diri

“ini juga masih relevan sampai saat ini. Semangatnya bisa ditularkan khususnya kepada para generasi muda,” jelasnya.

Disinggung mengenai apakah akan ada pembaruan terhadap monumen-monumen yang ada pihaknya mengatakan belum berpikir ke arah itu, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana menjadikan Pura serta Monumen Bhuana Kerta ini sebagai catatan sejarah untuk dipedomani nilai-nilai kepahlawan dan perjuangannya demi mengisi kemerdekaan.

“Kita mengingat bagaimana perjuangan orang tua kita dahulu untuk meraih kemerdekaan dan sekarang kita mengisinya dengan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat,” terangnya

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Buleleng I Putu Kariaman Putra menyebutkan Dinsos terus berupaya untuk menginventarisasi situs sejarah yang ada di Kabupaten Buleleng.

Upaya ini menjadi penting mengingat inventarisasi diperlukan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan. Setelah inventarisasi, dilakukan publikasi melalui video mengenai tempat-tempat bersejarah di Kabupaten Buleleng.

“Terus kita gali untuk memperkuat nilai kepahlawanan di Kabupaten Buleleng,” singkatnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular