Nilai Keteladanan Kapten Mudita Bisa Menjadi Spirit Membangun Bangli

Ket foto. Bupati Bangli Made Gianyar menyerahkan bingkisan kepada veteran saat peringatan hari gugurnya Kapten Mudita di lapangan Panglipuran
Ket foto. Bupati Bangli Made Gianyar menyerahkan bingkisan kepada veteran saat peringatan hari gugurnya Kapten Mudita di lapangan Panglipuran

 

BANGLI, balipuspanews.com- Nilai keteladanan pahlawan Kapten AA Gede Anom Mudita diharapkan menjadi spirit bagi generasi muda Bangli untuk melanjutkan perjuangan dalam membangun Bangli. Hal tersebut disampaikan bupati Bangli Made Gianyar saat menjadi inspektur upacara
gugurnya AA Gede Anom Mudita yang dilaksanakan setiap tanggal 20 Nopember di Tugu Pahlawan Penglipuran, Kelurahan Kubu, Bangli Jumat, (20/11/2020).

Dalam upacara tersebut turut hadir anggota Forkompinda Kabupaten Bangli, OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Bangli, TNI/Polri, Korpri dan Anggota P2M Bangli.

Bupati Bangli I Made Gianyar dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari gugurnya Kapten TNI Anak Agung gede Anom Mudita dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan berkarya dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa.

“Oleh karena itu nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat dijadikan pedoman dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman. Kita sudah diantarkan sampai ujung jembatan emas kemerdekaan, dan sekarang kemerdekaan itu yang perlu diisi dengan nilai-nilai kepahlawanan. Agar kita bisa menjadi pahlawan bagi diri sendiri, bagi keluarga, bagi lingkungan, dan tentunya bagi Nusa dan Bangsa,” sebutnya.

Bupati dua periode ini menambahkan, pihaknya masih mempunyai PR terkait dengan harapan masyarakat Bangli dan juga harapan keluarga Pahlawan TNI Anak Agung Anom Mudita untuk ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Proses administrasinya telah kita lalui, tentunya nanti proses itu agar ditindak lanjuti sesuai dengan syarat-syarat penetapan sebagai Pahlawan Nasional dan OPD teknis harus menyiapkannya,” kata Made Gianyar.

Sementara itu upacara diakhiri dengan pelaksanakan tabur bunga oleh Bupati Bangli yang diikuti oleh anggota Forkompinda dan OPD Dilingkungan Pemda Bangli serta dilanjutkan dengan penyerahan paket sembako sebanyak 75 paket kepada para Veteran di Kabupaten Bangli.

PENULIS : Komang Rizki

EDITOR : Oka