Kamis, April 18, 2024
BerandaNasionalJakartaNU Circle Siap Resmikan Pos Kesehatan Pesantren

NU Circle Siap Resmikan Pos Kesehatan Pesantren

JAKARTA, balipuspanews.com – Satu lagi karya nyata untuk membantu masyarakat nahdliyin dilakukan Perkumpulan Nusantara Utama Cita (NU Circle).

Pertengahan bulan Oktober 2023, NU Circle akan mendirikan dan mengoperasikan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat. Poskestren akan melayani kesehatan santri dan masyarakat sekitar pondok.

“Alhamdulillah, insyaAllah pertengahan bulan Oktober 2023 nanti, NUC bersama Ponpes Kempek Cirebon akan meresmikan Poskestren. Semoga aksi-aksi nyata seperti ini dapat memberikan manfaat nyata bagi santri dan masyarakat nahdliyin,” ujar Ketua Umum NU Circle Dr. Gatot Prio Utomo di Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Poskestren akan beroperasi seperti klinik yang dilengkapi dengan dokter, suster dengan peralatan medis yang cukup dan memadai. Berikutnya Poskestren akan dilengkapi poli gigi. Operasional Poskestren ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan secara personal dan sekolah-sekolah di Jakarta.

Menurut Gus Pu, panggilan akrab Dr. Gatot Prio Utomo, Poskestren ini merupakan upaya NU Circle untuk memberi layanan kesehatan pada santri pada tahap awal sebelum dirujuk ke klinik utama atau rumah sakit terdekat.

BACA :  Bantah Galang Dukungan, Ini Jawaban Camat dan Perbekel Klungkung Datangi Bupati Giri Prasta

Berbagai penyakit umum bisa dilayani di Poskestren. Untuk penyakit yang membutuhkan penanganan serius, santri atau pasien akan dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih lengkap.

“Poskestren tidak hanya melakukan upaya kuratif dengan mengobati santri dan masyarakat yang sakit. Poskestren diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan secara preventif dengan melakukan edukasi hidup sehat dan bersih. Edukasi ini merupakan sasaran kunci dalam membangun kesehatan santri di masa depan,” tegasnya.

Rencananya, peresmian Poskestren akan diikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat umum. Masyarakat dapat memeriksakan kesehatan dirinya ke Poskestren tanpa dipungut biaya.

“Semoga upaya-upaya kecil ini memiliki dampak penting bagi kesehatan santri dan masyarakat nahdliyin,” ujar Gus Pu.

Ke depan, Gus Pu berharap masyarakat memberikan kepercayaannya kepada NU Circle untuk membangun Poskestren di sejumlah Ponpes lainnya di Indonesia. Dengan dukungan masyarakat, Gus Pu berharap NU Circle dapat membangun jaringan Poskestren lebih besar dan jangkauannya lebih luas.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular