Jumat, Maret 29, 2024
BerandaJembranaNy. Putri Koster Berbagi di Gumi Mekepung

Ny. Putri Koster Berbagi di Gumi Mekepung

JEMBRANA, balipuspanews.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, pada Jumat (25/6/2021), kembali turun menyapa dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Mendoyo, Kabupaten Jembrana.

Dalam kunjungan kerja yang dipusatkan di Anjungan Cerdas Rambut Siwi tersebut, Ny. Putri Koster tampak didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis PMD Dukcapil) Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Ketua TP PKK Jembrana Ny. Candra Tamba. Kunjungan itu bertujuan untuk menyentuh dan mengetahui secara langsung kondisi masyarakat yang sesungguhnya.

Ny. Putri Koster mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai dukungan dan sinergitas antara pemerintah dengan TP PKK dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Ia berharap dengan didukung TP PKK tingkat Kabupaten/Kota, melalui kegiatan semacam ini akan dapat meringankan beban masyarakat terutama di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

Untuk itu, Ny. Putri Koster meminta PKK khususnya yang ada di desa-desa agar lebih sigap dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, sehingga di masa pandemi ini masyarakat yang mengalami kesulitan dapat terbantu oleh PKK.

BACA :  Sikapi Permohonan Hibah untuk Bangun Gedung LPD Desa Adat Pererenan, Komisi I DPRD Badung Segera Turun ke Lapangan

“Saya mengajak kader PKK Kabupaten/Kota untuk turun dengan sigap, siaga dan siap memberikan layanan optimal kepada masyarakat. Misalnya dalam layanan kesehatan dan kebutuhan hidup terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, terkhusus mereka yang memiliki anak dengan gizi buruk dan ibu hamil yang kekurangan energi kronis (KEK),” ajaknya.

Pada kesempatan itu, Ny. Putri Koster juga mengingatkan para ibu hamil untuk menjaga imunitas tubuh. Dikarenakan saat hamil, perempuan cenderung mengalami penurunan imunitas tubuh, sehingga rentan terhadap serangan virus.

“Dengan menjaga pola makan yang teratur sehat serta istirahat yang cukup, tentu akan memberi pengaruh besar bagi keamanan kandungan dan janin,” ujarnya.

Selain itu, Ny. Putri Koster juga kembali mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes), terlebih dengan masuknya varian baru Virus Corona.

“Tidak ada pemimpin yang ingin membuat celaka dan menderita masyarakatnya. Mari kita bersama dukung upaya pengentasan penyebaran virus Covid-19 di Bali. Jangan sampai karena mengabaikan imbauan dan aturan pemerintah, kita menjadi korban dari virus yang saat ini menyerang seseorang yang abai akan protokol kesehatan,” katanya, mengingatkan.

BACA :  Bappeda Gianyar Gelar Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025

Selanjutnya bagi warga Jembrana yang mengalami gangguan penglihatan, ia meminta agar segera melaporkan diri kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana, sehingga dapat didaftarkan untuk segera memperoleh penanganan operasi katarak secara gratis di Rumah Sakit Mata Bali Mandara.

Di sisi lain, Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny. Candra Tamba mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memerangi angka kurang gizi dan stunting, bahkan termasuk lansia terlantar. Ia berharap dengan bantuan yang diberikan oleh TP PKK Provinsi Bali yang bersinergi denga beberapa OPD terkait dapat meringankan beban masyarakat Jembrana disituasi yang sulit saat ini.

“Saya juga berharap semoga sinergitas bantuan ini dapat terus berlanjut, sehingga seluruh masyarakat di Jembrana dapat tersentuh,” harapnya.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Ny. Putri Koster menyerahkan bantuan bagi 10 orang balita gizi buruk/balita gizi kurang, 10 ibu hamil KEK, 10 lansia terlantar, 10 penyandang disabilitas dan 10 orang kader PKK kurang mampu.

Bantuan yang diberikan bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing antara lain, susu dan makanan tambahan untuk ibu hamil KEK dan balita gizi buruk dan gizi kurang. Selain itu, penerima bantuan juga memperoleh beras, handuk dan payung. Selanjutnya, diserahkan Majalah Hatinya PKK, leaflet HIV/AIDS dan masker yang diserahkan kepada TP PKK Kabupaten Jembrana.

BACA :  Antisipasi Kecurangan, Polres Jembrana Periksa SPBU

Banyak pihak yang ikut terlibat dan mendukung TP PKK dalam menyukseskan program menyapa dan berbagi ini yaitu RS. Mata Bali Mandara, Dinas Sosial dan P3A Provinsi Bali, Dinas PMD Dukcapil dan Ikatan Bidan Indoesia (IBI) Provinsi Bali. Acara menyapa dan berbagi juga dimeriahkan hiburan dari Bondres Ketekung Buntut yang berhasil mengocok perut penonton.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular