TABANAN, Balipuspanwes.com – Aparat kepolisian menjadikan wartawan sebagai partner atau kawan dalam menjalankan tugasnya.

“Ya, saya merasa sangat nyaman berkawan dengan para wartawan,” ungkap AKP. I Gede Surya Kusuma, SH., selaku Wakapolsek Kediri, Tabanan kepada awak media ini saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

Hal tersebut diungkapkannya saat mengenang masa-masa bertugasnya sebagai Kasubag Humas Polres Tabanan. Tugas tersebut ditinggalkannya per 24 Januari 2019 untuk memasuki tugasnya yang baru sebagai orang nomer dua diwilayah hukum Kediri.

Terkait dengan sekitar delapan bulan berurusan dengan pemberitaan diwilayah hukum Polres Tabanan, Surya Kusuma menyebutkan bahwa tugas kejurnalistikan itu berat. Ini dikarenakan harus memiliki data yang benar dan akurat serta bisa dipertanggungjawabkan kepada publik.

“Sewaktu bertugas sebagai Kasubag Humas Polres Tabanan, tugas saya tidak jauh beda dengan wartawan dan harus menyiapkan materi berita yang sesuai data. Syukurnya saya sangat terbantu dengan para Kasi Humas yang ada dimasing-masing Polsek di Tabanan,” sebutnya.

Sebagai Kasubag Humas imbuhnya, tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah memantau dunia medsos, seperti misalnya facebook. Bersama tim cyber patrol Polres Tabanan pihaknya setiap saat memantau medsos. Terutama terhadap informasi-informasi yang berpotensi terjadinya kegaduhan dimasyarakat.

Diakuinya, dari hasil pemantauan tersebut ditemukan ada beberapa akun yang tidak jelas. Bahkan beberapa diantaranya sedang dalam tahap penyelidikan.

Petugas berseragam coklat tua dan hobi bermain bola voli ini kemudian mengingatkan bahwa ditengah kemajuan teknologi seperti sekarang, medsos seakan telah menjadi bagian penting bagi masyarakat. Itu tidak salah asalkan masyarakat cerdas dan bijak dalam bermedsos.

Cerdas dan bijak dalam bermedsos yang dimaksudkannya adalah tidak memuat informasi yang mengandung unsur saya, ujaran kebencian, provokasi ataupun informasi lainnya yang membuat masyarakat resah. Sebaliknya, masyarakat juga jangan bodoh dan gampang terpancing oleh informasi yang tanpa data yang jelas atau berita-berita bohong.

Sementara terkait dengan tugasnya yang baru sebagai Wakapolsek Kediri, pria kelahiran Desa Buduk, Badung, 5 Mei 1968 ini menyebutkan bahwa berbagai pengalaman dalam tugas-tugas sebelumnya akan dijadikannya sebagai bekal untuk bertugas dengan penuh tanggung jawab di wilayah hukum Polsek Kediri. Termasuk berkontribusi terhadap jajaran diatasnya dan dalam pembinaan secara interen di Polsek Kediri.

Menghadapi tahun politik Pileg dan Pilpres 2019, pihaknya juga berkomitmen untuk menciptakan suasana nyaman dan aman. Masih terkait dengan dunia medsos, Surya Kusuma mengingatkan seluruh masyarakat dalam pengguanaan medsos menjelang pileg dan pilpres agar berperan serta dalam menciptakan situasi yang kondusif. Sehingga pileg dan pilpres dapat berjalan aman, damai dan sejuk.

“Sementara, khusus kepada kaum millinial saya himbau agar ikut mensosialisasikan tertib berlalu lintas unduk menekan angka kecelakaan lalu lintas sesuai dengan salah satu commander wish Kapolda Bali untuk menjadikan Bali sebagai model tertib berlalu lintas,” tutupnya. (rah/bpn/tim)