Senin, Juni 17, 2024
BerandaNewsNyanggra Pemelastian KAPG, Ida Bethara Luhur Muncaksari "Mapupul" di Pura Luhur Batukau

Nyanggra Pemelastian KAPG, Ida Bethara Luhur Muncaksari “Mapupul” di Pura Luhur Batukau

TABANAN, balipuspanews.com – Menjelang prosesi pemelastian ke Segara Tanah Lot serangkaian Karya Agung Pangurip Gumi (KAPG), Ida Bethara Muncaksari mapupul di Pura Luhur Batukau. Prosesi ini berlangsung bertepatan dengan rahina Tumpek Wariga, Sabtu (25/1).

Diiringi oleh bala putra dan krama pengempon, sesuai dengan yang telah dijadwalkan, prosesi ini dimulai pada pukul 11 WITA. Awak media ini sendiri mengikuti prosesi dari Pura Luhur Muncaksari, Desa Bengkel Anyar, Sangketan, Penebel. Suasana sakral dan pingit terasa sangat kental begitu para pemangku mulai memimpin prosesi nangian Ida Bethara.

Tidak beberapa lama setelah para pemangku nangian Ida Bethara, puluhan presayang atau krama yang berstatus ngiring mengalami kerauhan, menandai para undag, apsara apsari, parerencang dan Ida Bethara telah metangi. Perjalanan menuju Pura Luhur Batukau pun dimulai.

Perjalanan kemudian dilakukan dengan berjalan kaki dan menempuh beberapa medan yang cukup sulit. Seperti medan berlumpur, menuruni lembah, menerobos sungai dan mendaki.

Pantauan awak media ini, medan yang paling berat terlihat saat iring-iringan menuruni lembah timur Desa Sangketan dan kemudian mendaki untuk tiba di Sandan Amplas. Meski dengan medan yang terbilang berat, ribuan pengiring Ida Bethara terlihat tetap khusyuk selama dalam perjalanan.

BACA :  Hari Raya Idul Adha, Kapolres Bandara Serahkan Hewan Qurban ke Pengurus Masjid Nurul Huda

Pada pukul 13:30 iring-iringan Ida Bethara simpang sejenak di Pura Puseh Sandan Amplas. Selanjutnya iring-iringan menuju Pura Bale Agung Desa Wongaya Gede.

Dari Pura Bale Agung Desa Wongaya Gede, iring-iringan kembali melanjutkan perjalanan menuju Pura Luhur Batukaru. Sekitar pukul 18:00 WITA, iring-iringan tiba di Pura Luhur Batukaru. Beberapa menit sebelumnya, iring-iringan Ida Bethara Pura Luhur Tambowaras juga tiba dan mapupul di Pura Luhur Batukau.

Turut hadir nyanggra Ida Bethara Muncaksari dan Tambowaras Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM., Sekda Tabanan I Gede Susila, anggota DPRD Tabanan I Wayan Eddy Nugraha dan I Gusti Komang Wardana. Selain itu juga turut nyanggra Jro Kubayan Batukau, tokoh Puri Gede Tabanan dan beberapa unsur lainnya. (rah/BPN/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular